press enter to search

Rabu, 17/04/2024 05:40 WIB

Menhub Budi Karya Nilai Rangkaian Harhubnas 2020 Berjalan Penuh Makna

Dahlia | Rabu, 07/10/2020 18:07 WIB
Menhub Budi Karya Nilai Rangkaian Harhubnas 2020 Berjalan Penuh Makna Foto:istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai, pelaksanaan Rangkaian kegiatan di Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2020 telah terlaksana dengan penuh makna walaupun dilaksanakan secara sederhana di tengah pandemi Covid-19.

“Saya bersyukur kita dapat menyelesaikan rangkaian kegiatan Harhubnas 2020 yang telah kita laksanakan selama September 2020, meskipun diselenggarakan di tengah pandemi Covid 19 acara tetap terlaksana dengan penuh makna walaupun sederhana namun dapat memberi banyak manfaat kepada kita seluruh insan perhubungan dan juga bagi masyarakat khususnya yang saat ini dilanda dengan kesulitan.” urai Menhub di penutupan rangkaian kegiatan Harhubnas, Rabu (7/10/2020).

Kata dia, meski peringatan Harhubnas 2020 telah selesai, tema dan semangat pada Harhubnas 2020 yaitu “Wujudkan Asa, Majukan Indonesia” tidak boleh pudar.

Dia berharap insan perhubungan terus bekerja dengan penuh semagat untuk memajukan dan mengabdikan diri bagi harapan masyarakat Indonesia dalam bertransportasi.

“Kita harus tetap semangat bekerja, bersinergi dan berkolaborasi untuk mewujudkan harapan masyarakat Indonesia akan transportasi yang selamat, aman, nyaman dan sehat.” ujarnya.

Dia berpesan agar seluruh insan perhubungan dalam masa pandemi Covid 19 ini untuk berhati-hati dalam bekerja demi keselamatan dan kenyamanan bersama dengan melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin.

“Kita seluruh insan perhubungan terus bekerja dengan semangat dengan penuh kehati – hatian sehingga kita dapat produktif tetapi aman dari penularan Covid-19,” harapnya.

Diakhir sambutan, Menhub mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan perhubungan atas koordinasi dan saling keterpaduan sehingga seluruh rangkaian kegiatan Harhubnas tahun 2020, mulai dari launching sampai dengan penutupan dapat terlaksana dengan baik meskipun dengan tantangan yang lebih berat di masa pandemi Covid-19 ini.

Sebagai Informasi, inilah rangkaian kegiatan Harhubnas 2020:

1. Kegiatan dibuka dengan Launching Logo dan Tema Harhubnas 2020 yang dihadiri Menteri Perhubungan dengan didampingi Sekretaris Jenderal Kemenhub, Dirjen Perhubungan Udara dan pimpinan tinggi madya Kemenhub serta diikuti secara virtual oleh insan perhubungan diseluruh Indonesia 7 September 2020 di Ruang Mataram Kantor Pusat Kemenhub;

2. Doa dan renungan dilaksanakan 16 September 2020 di Ruang Mataram yang dipimpin Menteri Perhubungan dan diikuti secara virtual oleh seluruh insan perhubungan, dimana dalam rangkaian acara tersebut disampaikan ceramah kebangsaan oleh Marsekal (Purn) Chappy Hakim dan doa oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar.

3. Upacara HARHUBNAS telah dilaksanakan 17 September 2020 dipimpin oleh Menteri Perhubungan didampingi Sekretaris Jenderal Kemenhub dan Dirjen Perhubungan Udara serta diikuti Peserta upacara lain secara virtual. Acara diilanjutkan dengan Launching Aplikasi Pengawasan Inspektorat Jenderal dan Kolaborasi Lagu Medley antara Menteri Perhubungan, Siswa Taruna dan Grup Musik “Slank” yang dikemas sangat menarik dan menjadi puncak kegiatan Harhubnas 2020.

4. Pada Harhubnas Tahun ini telah diselenggarakan beberapa acara Webinar yaitu webinar terkait terkait dengan tema harhubnas 2020 “Wujudkan Asa, Majukan Indonesia”, sebanyak 8 Series Webinar dengan kolaborasi 4 perguruan tinggi yang diselengarakan oleh Badan Litbang Perhubungan dengan membahas “Kebijakan-kebijakan Kemenhub dalam penyediaan sarana dan prasarana menuju transportasi yang selamat, aman, nyaman dan sehat” selain itu diselenggarakan Launching bedah buku “Tol Laut Konektivitas Poros Maritim Indonesia” Direktorat Jenderal Perhubungan Laut serta webinar yang diselenggarakan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek dengan tema “Bijak Bertransportasi di Era Pandemi Covid -19”

5. Kegiatan Kampanye cara Bersepeda yang sehat dan aman pada masa pandemi dengan mendatangkan influencer Deddy Courbuzeir dan Ryan D’Masive 18 September 2020 dan juga dilakukan kegiatan health and safety campaign yang diselenggarakan oleh seluruh unit kerja Kemenhub di Indonesia untuk mengisi acara Harhubnas 2020.

6. Penyelenggaraan acara lelang buku transportasi, Lelang dan launching buku “MEMBANGUN TRANSPORTASI MERAJUT NEGERI” yang dilaksanakan 6 Oktober 2020, dimana hasil lelang ini akan di gunakan untuk “Gerakan sejuta masker”. (omy)