press enter to search

Sabtu, 05/12/2020 07:05 WIB

Gubernur Anies Sedih Buku Pelajaran Ikut Terbakar di Senen Usai Demo

Redaksi | Jum'at, 09/10/2020 14:06 WIB
Gubernur Anies Sedih Buku Pelajaran Ikut Terbakar di Senen Usai Demo Bioskop Grand di Senen yang terbakar.

JAKARTA (Aksi.id) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sedih ketika melihat buku pelajaran yang dijual di kawasan Senen turut terbakar usai demo Omnibus Law UU Cipta Kerja, Kamis (8/10).

Diketahui perusakan dan pembakaran meluas hingga ke wilayah Senen. Sejumlah kios dan bekas gedung bioskop turut terbakar.

"Tapi yang membuat kita semua terenyuh menyaksikan buku-buku terbakar. Ini adalah materi ajar, materi pembelajaran sehingga terbakarnya buku itu punya makna yang berbeda," kata Anies di Jakarta, Jumat (9/10).

Anies menekankan bahwa buku pelajaran mengandung ilmu yang bisa diserap generasi muda. Karenanya dia sangat menyayangkan buku-buku tersebut ikut terbakar.

Hal lain yang dia keluhkan adalah kerugian bagi pedagang buku-buku tersebut.

"Kita semua mereka kerugian ekstra ketika buku-buku itu terbakar karena di sana ada ilmu, ada kesempatan pembelajaran bagi anak anak kita dan usaha usaha buku ini adalah usaha mikro kecil," kata Anies.

Anies berencana mengundang para pedagang dan pengusaha buku terutama mereka yang terdampak dari kericuhan demonstrasi. Anies ingin memberikan pinjaman agar para pedagang yang merugi bisa berjualan kembali.

"Pemprov akan panggil semua pengusaha yang terdampak akibat kejadian kemarin, yang punya usaha perbukuan dan lainnya nanti akan kita bantu untuk dapat permodalan agar mereka bisa kembali aktivitas lagi," ungkap Anies.

"Nanti pinjaman pinjaman modal kita akan bantu sehingga mereka bisa segera memulai kembali usahanya apalagi ini terkait perbukuan," sambungnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Megantara merinci ada empat ruko yang terbakar di kawasan Bisokop Senen. Kemudian ada tiga halte TransJakarta yang turut rusak di sekitar simpang lima Senen.

"Akibat kebakaran grand bioskop pada 4 ruko di belakangnya. Tadi disampaikan pak gubernur termasuk 2 toko buku, ada 3 halte bus TransJakarta, termasuk 2 kendaraan pekerja yang sedang melakukan kegiatan di simpang lima ini," kata Bayu.

Bioskop Grand Terbakar, Kerugian Capai Rp9,48 Miliar

Petugas pemadam kebakaran telah berhasil memadamkan kobaran api yang membakar Gedung Bioskop Grand Theater Senen, Jakarta Pusat selama kurang lebih hampir 4 jam.

Kebakaran itu terjadi pada Kamis (8/10) sekitar pukul 22:00 hingga Jumat (9/10) sekitar pukul 02:30.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, Asril mengatakan, kejadian tersebut telah membakar lahan seluas 3.280 meter persegi.

"Ruko yang terbakar di wilayah Komplek Maya Indah. Jumlah 20 ruko dan 1 bangunan bioskop lama, taksiran kerugian kurang lebih Rp9.480.000.000," kata Asril dalam keterangannya, Jumat (9/10).

"Dugaan terbakar dari bakar-bakaran aksi massa," sambungnya.

Asril menjelaskan, untuk dapat memadamkan api tersebut, pihaknya menerjunkan puluhan unit mobil pemadam kebakaran.

"Sebanyak 33 Unit beserta pendukung (30 Sudin Pusat dan 3 unit Sudin Timur). Personel 170 orang," jelasnya.

Sebelumnya, Masih terjadi kericuhan di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat. Bioskop Grand Theater di seberang Halte Pasar Senen, Jalan Kramat Bundar terbakar, Kamis (8/10). Begitu juga dengan bangunan di sekitarnya.

Berdasarkan pantauan merdeka.com sampai sekitar pukul 22.30 WIB api masih berkobar dan melahap bagian dalam bioskop. Diduga, peristiwa ulah dari pendemo yang rusuh di sekitar Harmoni sejak sore. Mereka telah dipukul mundur.

Terlihat sejumlah petugas damkar dibantu warga masih berusaha memadamkan api yang masih berkobar.

Sementara dikonfirmasi secara terpisah Kapolsek Senen Kompol Ewo Sarwono terkait sejumlah insiden kebakaran yang terjadi di wilayah Pasar Senen, ia masih belum bisa memberikan informasi.

"Saya masih di DPR belum monitor," katanya saat dikonfirmasi. (ds/sumber CNNIndonesia.com/Merdeka.com)

Artikel Terkait :

-