press enter to search

Kamis, 22/10/2020 16:35 WIB

Kisah Kepala BPSDMP Kemenhub Ikut Kebasahan Saat Lantik Perwira Penerbang

Redaksi | Minggu, 11/10/2020 10:03 WIB
Kisah Kepala BPSDMP Kemenhub Ikut Kebasahan Saat Lantik Perwira Penerbang Acara pelantikan, yang sedianya dilaksanakan mulai pukul 08.00, diundur 20 menit untuk menanti hujan berhenti. Namun air langit masih terus turun. Akhirnya diambil keputusan acara segera digelar.

BANYUWANGI (BeritaTrans.com) – Puluhan wisudawan telah berada di lapangan upacara, Sabtu (10/10/2020) pagi. Hujan deras turun. 

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo, jajaran BPSDMP, Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi, juga telah berada di tempat upacara.

Acara pelantikan, yang sedianya dilaksanakan mulai pukul 08.00, diundur 20 menit untuk menanti hujan berhenti.  Namun air langit masih terus turun. Setelah hujan reda, acara segera digelar.

Sebagai inspektur upacara (irup) Sugihardjo naik ke podium. Baru sekitar 15 menit acara berlangsung,  hujan kembali turun.

Dia melihat wisudawan kebasahan oleh hujan. Tiba-tiba mantan Sekjen Kementerian Perhubungan tersebut turun dari podium. 

Dia berjalan dan berhenti di depan podium. Air hujan pun membasahi.  Tamu undangan, termasuk keluarga wisudawan, yang menyaksikan aksi kepala BPSDMP itu, terperangah dan kontan bertepuk tangan riuh.

Jajaran BPSDMP, yang melihat irup nekat hujan-hujanan, segera  memilih meninggalkan tenda. Mereka berdiri di depan tenda dan tentu saja terkena siraman air hujan.

Dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus Covid-19 tidak menghentikan dan mengurangi khidmatnya upacara wisuda 42  perwira penerbang program non diploma angkatan XVI, XVII, XVIII dan XIX API Banyuwangi.

Di bawah hujan, Sugihardjo mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan. Kepada para keluarga wisudawan Kepala BPSDMP juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan kepada API Banyuwangi untuk mendidik putra dan putrinya.

“Semoga keberhasilan dan kebahagiaan yang meliputi suasana pelantikan kali ini menjadi pendorong semangat para perwira muda ini dalam mengemban tugas dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat seiring dengan tuntutan pengembangan kebutuhan masyarakat di sektor transportasi udara,” urainya.

Pemimpin Memberi Contoh

Aksi mantan Ketua Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Aksi.id dan BeritaTrans.com menilai memiliki dua dimensi nilai yang patut diteladani.

Pertama, Sugihardjo telah memberikan kesan mendalam kepada wisudawan bahwa mereka dilantik di saat hujan dengan irup, yang juga kehujanan. Pada horison ini maka ada perspektif keteladanan bahwa kepemimpinan harus memberi contoh.

Kedua, ada perspektif nilai bahwa kepemimpinan jangan hanya `merasa bisa` tetapi juga `bisa merasakan`.  Pemimpin juga sebaiknya memiliki naluri dan energi untuk merasakan apa yang dirasakan bawahan, sehingga dapat menjadi salah satu input dalam proses membuat keputusan terutama berkaitan dengan kepentingan bawahan

Dalam konteks itu maka kepemimpinan memiliki kemampuan menjalin hubungan yang baik dengan bawahan` memberi kepercayaan dan tanggung jawab serta memberi motivasi dan semangat kerja.

Seperti dikemukakan  Gareth Jones and Jennifer George (2003:440), kepemimpinan adalah proses dimana seorang individu mempunyai pengaruh terhadap orang lain dan mengilhami, memberi semangat, memotivasi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan mereka guna membantu tercapai tujuan kelompok atau organisasi

(omy/awe).