press enter to search

Selasa, 01/12/2020 02:38 WIB

Hujan Deras, Banjir Terjang Jakarta Timur Ketinggian Air Capai 2 Meter

Redaksi | Minggu, 11/10/2020 08:55 WIB
Hujan Deras, Banjir Terjang Jakarta Timur Ketinggian Air Capai 2 Meter Permukiman di Kelurahan Cijantung, Pasar Rebo, terendam banjir Sabtu (10/10) malam (Foto: Damkar Jaktim/Antara)

JAKARTA (Aksi.id) - Banjir menerjang beberapa wilayah Jakarta Timur  akibat hujan lebat yang mengguyur sejak Sabtu (10/10/2020) sore. Ketinggian bervariasi, namun yang terparah di Ciracas yang mencapai 2 meter.

Banjir dengan ketinggian hingga 1,2 meter terjadi di beberapa lokasi di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

"Sejak pukul 19.00 WIB banjir di Kecamatan Pasar Rebo terjadi di tiga lokasi akibat hujan deras yang turun sejak sore," kata Kasi Operasional Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman.

Dia memaparkan, lokasi banjir berada di Jalan Lewa 14, RT 014/RW 08, Kelurahan Pekayon dengan ketinggian 50 sentimeter. Lalu di Jalan Swadaya dan Jalan Karya Bakti RT 10/RW 11, Kelurahan Cijantung, dengan ketinggian 1,2 meter. Satu lokasi lagi di Jalan Cakrabuwana dan Manunggal, Kelurahan Kalisari, setinggi 1 meter.

"Untuk banjir di Cijantung belum membutuhkan evakuasi meskipun air sudah sedada orang dewasa," ujarnya.

Meski demikian puluhan petugas damkar malam ini disiagakan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, mengevakuasi korban terdampak banjir. Evakuasi dilakukan menggunakan perahu karet dengan menyisir satu per satu rumah.

Laporan banjir juga didapat di tujuh kawasan Kelurahan/Kecamatan Ciracas, dipicu meluapnya Kali Cijantung Ketinggian air di lokasi itu bervariasi mulai 30 sentimeter hingga 2 meter. (ny/Sumber: iNews.id)