press enter to search

Rabu, 02/12/2020 06:58 WIB

Kapal Ferry Angkut 56 Penumpang Kandas di Perairan Kepulauan Bangka Belitung

Dahlia | Senin, 12/10/2020 14:44 WIB
Kapal Ferry Angkut 56 Penumpang Kandas di Perairan Kepulauan Bangka Belitung Foto:istimewa

JAKARTA (aksi.id) - Kapal penyeberangan atau kapal ferry kandas di perairan Gosong Karang Aji, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Ahad (11/10/2020) malam.

Tim gabungan TNI AL dan Satuan Polisi Air (Sat Pol Air) Polres Bangka Barat mengevakuasi puluhan penumpang dari atas kapal Ferry Permata, termasuk awak kapalnya.

“Seluruh penumpang termasuk awak kapal telah dievakuasi,” ujar Aswind, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Bangka Belitung, saat dihubungi, Ahad malam.

Menurut Aswind, kapal dengan nama lambung KMP Mutiara Pertiwi III itu dilaporkan terjebak di perairan dangkal demi menghindari kapal nelayan yang sedang menebar jaring ikan.

“Kapal bergerak dari Pelabuhan Tanjung Api-Api Sumsel ke Tanjung Kalian Muntok,” tutur Aswind.

Berdasarkan informasi yang diterima, KMP Mutiara Pertiwi III berlayar pada pukul 14.00 WIB dan kandas sekitar pukul 17.30 WIB.

Proses evakuasi yang dilakukan petugas gabungan berlangsung sekitar pukul 18.15 WIB.

Total penumpang tercatat sebanyak 59 orang yang terdiri dari 56 penumpang dewasa dan 3 penumpang anak.

Seluruh penumpang dievakuasi ke Pelabuhan Tanjung Kalian Mountok dalam kondisi selamat menggunakan KN Kalian dari Distrik Navigasi Palembang.

Dari pemeriksaan sementara, tidak ditemukan kerusakan berarti pada kapal yang kandas.

Namun demikian, kapal tersebut belum bisa bergerak sehingga harus ditarik menggunakan tugboat satu hingga dua hari ke depan.

Oleh karena itu, berbagai upaya terus dilakukan untuk menyelamatkan kapal tersebut setelah seluruh penumpang dan awak kapal terselamatkan.(fhm/sumber:kompas)