press enter to search

Rabu, 21/10/2020 05:54 WIB

3 Skill Ini Paling Dibutuhkan Perusahaan di Masa Pandemi Covid-19

Dahlia | Selasa, 13/10/2020 17:32 WIB
3 Skill Ini Paling Dibutuhkan Perusahaan di Masa Pandemi Covid-19 Foto: ilustrasi

Jakarta (aksi.id) - Pandemi Covid-19 memberikan banyak pengaruh pada cara kerja perusahaan, termasuk kemampuan pekerja atau skill yang dibutuhkan. Terdapat sejumlah skill yang paling dibutuhkan  oleh perusahaan selama pandemi Covid-19.

Kemampuan ini dapat membuat Anda diterima bekerja di sebuah perusahaan di antara ribuan pelamar lainnya. Bagi yang sudah bekerja, kemampuan ini dapat menjadi nilai tambah yang membuat Anda terhindar dari pemutusan hubungan kerja (PHK).

Data terbaru dari Jobstreet, pada April hingga Juni 2020 terdapat peningkatan pencarian kerja sebesar 11 persen atau menjadi 300 juta pencarian dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Selain itu, terdapat peningkatan hingga 50 persen jumlah pelamar pada sebuah posisi yang ditawarkan perusahaan dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Rata-rata sebuah posisi lowongan kerja dapat mencapai 800 pelamar dari yang sebelumnya hanya 400 pelamar.

Untuk meningkatkan peluang diterima bekerja, Anda dapat meningkatkan skill yang dicari perusahaan di masa pandemi. Berikut skill yang paling dibutuhkan perusahaan di masa pandemi Covid-19.

1. Kemampuan menggunakan teknologi

Setiap pencari kerja harus memiliki kemampuan menggunakan teknologi dan internet. Di masa pandemi, perusahaan banyak menerapkan work from home atau bekerja dari rumah sehingga semua komunikasi beralih secara online. Para pekerja harus mampu menggunakan komputer, mengoperasikan aplikasi meeting online dan sebagainya.

"Skill yang dibutuhkan sekarang berbeda dengan sebelumnya. Sekarang harus familiar dengan teknologi. Untuk interview saja saat ini sudah menggunakan Zoom atau Skype, ini dasar sekali," kata Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim, saat memaparkan hasil survei pada Rabu (7/10). 

2. Kemampuan menggunakan media sosial

Perkembangan dunia digital yang pesat menuntut setiap pekerja juga mampu menggunakan media sosial. Media sosial xpenting untuk memasarkan produk dan juga membangun citra serta berhubungan dengan publik.

"Menambah skill digital marketing, media sosial, big data akan menjual diri lebih baik di masa pandemi ini," kata Talent Acquisition & Scouting Manager Danone Almer Hafiz.

3. Kemampuan berbahasa

Di era globalisasi, kemampuan berbahasa asing sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Bahasa asing yang saat ini banyak dicari diantaranya bahasa Inggris, Prancis, Mandarin, dan Jepang.

"Kemampuan bahasa, teknologi, dan digital. Itu diasah, itu sangat-sangat penting," ucap Faridah.

Kemampuan-kemampuan ini juga harus ditunjukkan dalam aplikasi saat melamar pekerjaan, misalnya di dalam curriculum vitae (CV). CV menjadi patokan perusahaan saat menerima lamaran. CV yang menunjukkan kemampuan pelamar akan meningkatkan peluang untuk dipanggil wawancara dan juga diterima bekerja.

"Di CV nya pun dia harus menunjukkan bahwa dia jago dalam semua hal dan dia tampilkan semua kebiasaan yang dia punya. Sehingga itu jadi pertimbangan kami," kata HR Services Assistant Manager PT Panasonic Gobel Indonesia Sri Lestari Sukarno. (lia/sumber:cnnindonesia)