press enter to search

Minggu, 25/10/2020 17:55 WIB

Inggris Sumbang Rp 19 Miliar untuk Penanganan Virus Corona di ASEAN

Dahlia | Rabu, 14/10/2020 21:43 WIB
Inggris Sumbang Rp 19 Miliar untuk Penanganan Virus Corona di ASEAN Menlu Retno Marsudi bertemu Menlu Inggris. Foto: Dok. Kemlu RI
Jakarta (aksi.id) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama dengan Menteri BUMN Eric Thohir dan pejabat terkait melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab di London.
 
Dalam pertemuan itu disepakati untuk mempererat kerja sama baik secara bilateral maupun dalam konteks multilateral di tengah pandemi COVID-19.
 
Dalam keterangannya, Retno menyebut Inggris akan menyumbangkan 1 juta pound sterling atau Rp 19 miliar untuk penanganan COVID-19 ASEAN.
 
"Untuk ASEAN, Inggris menyampaikan komitmen satu juta pound sterling untuk ASEAN COVID-19 Response Fund," kata Menlu Retno dalam press briefing Kemlu secara virtual, Rabu (14/10).
 
Inggris Sumbang Rp 19 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di ASEAN (1)
Penandatanganan kerja sama vaksin antara Kemenkes dan Astrazeneca di London. Foto: Dok. Kemlu RI
Menlu juga menambahkan secara bilateral Indonesia dan telah menandatangani MoU mengenai kemitraan research dan inovasi pada bulan Agustus lalu dan mou serta rencana aksi tentang Anti-Microbial Resistance Surveillance pada Juni lalu.
 
"Track multilateral kita memiliki komitmen yang sama untuk kerja kerja sama multilateral seperti WHO, GAVI dan CEPI dalam kerangka COVAX Facility terutama terhadap vaksin yang aman dan terjangkau," lanjut Retno.
Menlu menambahkan bahwa Inggris merupakan mitra strategis Indonesia sejak tahun 2012, Inggris juga menjadi mitra investasi kedua terbesar di Eropa.
 
"Kerjasama internasional sebagai salah satu bentuk dukungan Indonesia terhadap penyediaan akses vaksin bagi Indonesia," lanjut Menlu. (lia/sumber:kumparan)