press enter to search

Minggu, 01/11/2020 05:39 WIB

Kesiapan PT Pelni Jelang Natal dan Tahun Baru 2021, Terapkan Prokes Ketat

Dahlia | Jum'at, 16/10/2020 21:59 WIB
Kesiapan PT Pelni Jelang Natal dan Tahun Baru 2021, Terapkan Prokes Ketat Foto:istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Persiapan Pihak PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) menyambut peak season pada libur Natal dan Tahun Baru 2021 di masa pandemi Covid-19, akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk anak buah kapal (ABK) harus menggunakan APD lengkap.

“Yang pasti kita mengikuti protokol kesehatan, itu wajib, safety dan secure paling diutamakan,  tidak boleh tidak,” kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro di Jakarta, Jumat (16/10/2020).

Menurut Yahya kesiapan yang akan dijalani PT Pelni untuk mencegah dari penularan virus Covid-19 adalah pada semua pelayanan baik dari penyedia jasa maupun pengguna jasa.

“ABK kita layani tetap pakei APD full (Hazmat) yang untuk melayani penumpang, kalau untuk yang di deck yang sifatnya tidak bersentuhan penumpang itu tidak,” tegasnya.

Hal itu menurutnya sangat penting karena perjalanan pelayanan membutuhkan waktu yang lama dan akan mencegah ABK tidak terpapar dari penumpang dan penumpang tidak terpapar oleh ABK.

Hal lain yang menjadi persyaratan wajib bagi penumpang saat membeli tiket online antaranya adalah persyaratannya harus terpenuhi. Seperti harus adanya surat Rapid Test yang berlaku sejak 14 hari secara mandiri. Dipastikan calon penumpang dalam keadaan sehat.

“Jika persyaratan tidak terpenuhi tidak bisa membeli tiket,” ujar Yahya.

Saat di perjalanan, penumpang kapal diwajibkan selalu mengenakan masker. Kapasitas kapal masih dibatasi 50 persen. Begitupun saat memasuki kapal penumpang dipastikan steril terlebih dahulu dengan mencuci tangan pada tempat yang akan disediakan.

Saat ini diakui Yahya bahwa hasil Rapid Test masih dikecualikan untuk kapal-kapal perintis di daerah-daerah yang masih dikategorikan zona hijau.

Saat ini masih sebagian kapal yang masih beroperasi, Dikatakannya penerapan itu akan berjalan di semua operasional kapal PT Pelni memasuki Desember mendatang.

“Kesiapan kita mulai oktober semua kapal mulai kita operasikan, nanti November Desember full kita akan operasikan semuanya,”katanya.(fhm)

Keyword Pelni kapal