press enter to search

Sabtu, 20/04/2024 18:35 WIB

Wakil Walikota Jakpus Pimpin Grebek Lumpur di PHB Sedap Malam

Dahlia | Minggu, 18/10/2020 13:15 WIB
Wakil Walikota Jakpus Pimpin Grebek Lumpur di PHB Sedap Malam Foto:istimewa

Jakarta (aksi.id) - Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi Memimpim gerakan grebek lumpur di saluran Penghubung (PHB) Rw.01 Jalan Sedap Malam, Kelurahan Kramat, Senen, Jakarta Pusat. Irwandi didampingi Wakil Camat Senen, Zahrul Wildan, Sekcam Kecamatan Senen, Irhsan dan Lurah Kramat, Agus Yahya, Minggu (18/10).

Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi mengatakan, Pemerintah Kota Jakarta Pusat melakukan grebek lumpur di saluran Penghubung (PHB) di Rw.01 Sedap Malam, Kel.Kramat, Senen, Jakarta Pusat.

“ Grebek lumpur ini untuk mengantisipasi genangan atau banjir pada saat hujan lebat, seluruh wilayah semua melakukan kegiatan ini, “ kata Irwandi di sela-sela pemantauan gerakan grebek lumpur.

Lebih lanjut Irwandi menerangkan, Kegiatan ini akan berlangsung hingga Desember 2020 ini sesuai dengan instruksi Gebernur DKI Jakarta. Setiap Minggu akan ada kegiatan pengurasan saluran, jangan ada yang tersumbat karena akan mengakibatkan banjir sehingga ada laporan dari masyarakat. Ini jangan sampai terjadi, ucap mantan Ka.Dinas UMKM DKI Jakarta.

Pemda DKI akan melayani masyarakat untuk memberikan kenyamanan bagi warganya. “ Banjir itu tidak nyaman, jika banjir kita selalu disalahkan oleh masyrakat, padahal kita sudah kerja semaksimal mungkin, jelas Irwandi.

Irwandi menegaskan, masih banyak bangunan yang berdiri diatas saluran, jadi kalau kita mau nguras petugas SDA dan PPSU jadi susah. Pada prinsipnya semua bangunan yang ada diatas saluran harus ditertibkan, atau solusinya saluran yang tertutup harus diberikan bak pengontrol supaya petugas mudah mengurasnya.
“ Pemilik bangunan harus membuat bak pengontrol, jika tidak mau membuat bak pengontrol, dibongkar, “ tandas wakil walikota.

Ka. Satuan Pelaksana (Satpel) SDA Kecamatan Senen, M. Rohman menjelaskan, pengurasan saluran PHB di Jalan Sedap malam panjangnya mencapai 255 m segmen dari Jalan Kramat Bunder s.d Jalan Kramat Soka, dimensi saluran 2 meter X 1,5 meter dengan ketebalan lumpur 1,2 meter.

Pengurasan ini dilakukan agar air mengalir ke arah selatan menuju ke saluran PHB Kembang pacar terus menuju ke kali sentiong. Dari pengurasan tersebut berhasil mengangkut 1.000 karung sampah lumpur, dan langsung dibuang ke PLTA Ancol, Jakarta Utara, ungkapnya.

Sementara Lurah Kramat, Agus Yahya menambahkan, kegiatan grebek sampah melibatkan 90 personil terdiri dari petugas SDA, PPSU, Bina Marga, L:ingkungan Hidup dan masyarakat. Kegiatan ini kita fokuskan di saluran PHB Jalan Sedap Malam dan di Jalan Kaca Piring, ujarnya (lia)