press enter to search

Rabu, 25/11/2020 17:11 WIB

Ini Daftar 10 Buah Rendah Gula, Cocok Jadi Camilan Sehat

Redaksi | Senin, 19/10/2020 14:57 WIB
Ini Daftar 10 Buah Rendah Gula, Cocok Jadi Camilan Sehat Ilustrasi Buah-buahan rendah kadar gula (foto.dok)

Jakarta (Aksi.id) - Buah mengandung gula alami yang membuatnya makin nikmat disantap. Namun, ada beberapa buah yang nikmat tapi memiliki kadar gula alami yang rendah. 

“Buah menyediakan banyak hal yang kita butuhkan, sepertivitamin, mineral dan antioksidan. Buah juga menghidrasi kita dan memberi kita serat yang dapat membuat kita merasa kenyang” jelas ahli nutrisi, Bonnie Taub-Dix, yang juga penulis buku Read It Before You Eat It seperti dikutip Good Housekeeping.

Berdasarkan survei dari Centers for Disease Control (CDC), hanya satu dari 10 orang dewasa yang mendapatkan porsi buah dan sayuran yang cukup dalam menjalankan pola hidup sehat dan seimbang. Sementara itu, sisanya tidak makan buah dan sayur sebanyak dan seharusnya. Kurangnya konsumsi buah dan sayur juga dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung

Namun, jika Anda sedang melakukan diet dan Anda ingin mengurangi karbohidrat yang masuk dalam tubuh Anda, ada banyak buah dengan rendah karbohidrat, padat nutrisi, serta rendah gula. Berikut adalah 10 buah dengan kadar gula yang rendah.

1. Stroberi

Sumber : Unsplash
Sumber : Unsplash
 
 

Stroberi adalah pilihan yang tepat jika Anda mencari buah dengan kadar gula alami yang rendah. Buah stroberi bisa menjadi rekomendari asupan vitamin C harian Anda. Secangkir stroberi hanya mengandung 7 gram gula saja.

2. Grapefruit / Jeruk Bali Merah

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash
 
 

Taub-Dix mengatakan, dengan memperhatikan porsi asupan kita, hal itulah yang dapat meminimalkan asupan gula kita. Grapefruit/jeruk bali adalah alternatif cemilan manis yang baik.

Mengonsumsi buah ini tergantung dari kebutuhan Anda, grapefruit/jeruk bali memiliki bentuk yang lebih besar dari jeruk pada umumnya, separuh dari buah ini memiliki kandungan 8 gram gula.

3. Alpukat

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash
 
 

Alpukat adalah salah satu buah-buahan yang memiliki ciri khas yaitu lubang besar di bagian tengah buah alpukat yang merupakan benih dari buah ini. Alpukat dipenuhi dengan lemak sehat yang dapat melindungi jantung dan dapat menurunkan kadar kolestrol Anda. Satu buah alpukat ukuran sedang mengandung lebih dari satu gram gula.

4. Plum

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash
 
 

Jaclyn London selaku Direktur Nutrisi di Good Housekeeping Institute mengatakan buah plum ini mengandung 7 gram gula dan 30 kalori per buah.  Yang menarik dari buah ini adalah, Anda bisa menjadikan buah prem ini menjadi selai roti yang sehat.

5. Raspberi

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash
 
 

Buah raspberi ini memiliki rasa yang manis, namun Anda tidak perlu khawatir, satu cangkir buah raspberi hanya mengandung 5 gram gula. Mengonsumsi buah raspberi juga cenderung membuat Anda merasa kenyang daripada Anda mengonsumsi buah lainnya, karena adanya kandungan 8 gram serat.

6. Blackberry

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash
 
 

Blackberry merupakan salah satu jenis buah beri enak lainnya. Satu genggam blackberry mengandung 7 gram gula, 8 gram serat, dan 2 gram protein, hal ini menjadikan blackberry menjadi cemilan padat nutrisi yang sempurna.

7. Apel

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash
 
 

Ini adalah buah kesukaan banyak orang. Taub-Dix mengatakan, satu buah apel utuh memiliki potensi peningkatan gula darah atau indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada jus apel. Hal ini menunjukan jus apel memiliki potensi dalam meningkatkan gula darah Anda lebih tinggi daripada memakan buah secara langsung.

Satu buah apel utuh mengandung 19 gram gula alami, sedangkan secangkir jus apel tanpa pemanis mengandung sekitar 24 gram gula. Jadi, lebih baik santap secara langsung ya.

8. Persik

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash
 
 

Buah persik sangat identik dengan kandungannya yang berair, manis, dan tajam saat Anda memakannya, buah ini memiliki sensasi tersendiri saat Anda memakannya. Satu buah persik ukuran sedang mengandung sekitar 13 gram gula.

9. Jeruk

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash
 

Sama seperti apel, buah jeruk lebih baik dimakan langsung daripada Anda meminum jusnya.

Buah jeruk utuh memiliki kadar 12 gram gula, buah jeruk juga menjadi rekomendasi vitamin C harian Anda. Sementara secangkir jus jeruk tanpa pemanis memiliki dua kali jumlah gula dan hanya memiliki sepertiga serat.

10. Pir

Sumber: Unsplash
Sumber: Unsplash
 

Buah pir ini memiliki tekstur yang garing, renyah, dan manisnya pas. Karena rasanya yang sangat enak, Anda mungkin akan terkejut mengetahui hampir kebanyakan kandungan dari buah ini adalah air, buah pir ini hanya mengandung 8,6 gram gula alami.  (ny/Sumber:Liputan6.com)