press enter to search

Sabtu, 05/12/2020 06:10 WIB

Prabowo ke Austria, Bahas Rencana Pembelian Jet Tempur Eurofighter Typhoon

Dahlia | Rabu, 21/10/2020 12:32 WIB
Prabowo ke Austria, Bahas Rencana Pembelian Jet Tempur Eurofighter Typhoon Pertemuan Prabowo dan Menhan Austria Klaudia Tanner (Foto: Dubes Austria)

JAKARTA (aksi.id) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akhirnya bertemu dengan Menhan Austria Klaudia Tanner guna membahas rencana pembelian pesawat tempur bekas kepunyaan Austria, Eurofighter Typhoon. Pertemuan berlangsung di Kantor Kementerian Pertahanan Austria, Wina, Selasa 20 Oktober.

Berdasarkan laporan media Austria, Kronen Zeitung, pertemuan berlangsung selama kurang lebih satu jam. Prabowo pun tampak berdiskusi dengan Klaudia Tanner didampingi oleh Duta Besar Indonesia untuk Austria Darmansyah Djumala serta anggota Komisi I DPR Fraksi Gerindra Sugiono.

Pertemuan antara Prabowo dan Klaudia merupakan yang pertama kalinya dalam melakukan pembahasan tatap muka. Sebelumnya, kedua Menhan itu hanya berkomunikasi melalui surat dalam rangka pembelian jet tempur Eurofighter.

"Hari ini saya bisa berbicara dengan rekan Indonesia saya untuk pertama kalinya. Kami juga berbicara tentang minat yang sudah diungkapkan untuk membeli Eurofighters kami," kata Klaudia Tanner dalam laporan Kronen dikutip Rabu (21/10/2020).

Dalam laporan Kronen juga disebutkan bahwa pertemuan tersebut bukanlah bahasan final terkait Eurofighters. Melainkan baru tahapan awal untuk berbicara di ranah teknis.

"Namun, satu masalah adalah bahwa penjualan jet Austria memerlukan persetujuan dari keempat negara produsen (Jerman, Italia, Inggris, Spanyol) dan Amerika Serikat," tulis Kronen.

Ternyata, Prabowo dan Klaudia tidak hanya membahas ihwal pembelian Eurofighters saja, akan tetapi juga membahas berbagai macam hal. Di antaranya peluang penandatanganan MoU sebagai payung hukum bilateral dan perkembangan penanganan Covid-19 di masing-masing negara

Hal itu dituliskan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Wina Austria pada Selasa malam melalui keterangan tertulisnya. "Kedua Menteri Pertahanan membahas peluang peningkatan kerja sama bilateral di bidang pertahanan yang dapat dijajaki lebih lanjut melalui pembentukan Memorandum of Understanding (MoU) sebagai payung (umbrella agreement) kerja sama pertahanan kedua negara di masa yang akan datang." tulis KBRI Wina.

"Selain membahas isu-isu pertahanan, kedua Menteri juga saling memberikan informasi perkembangan penanganan pandemi Covid-19 di masing-masing negara," tulis KBRI Wina mengkahiri keterangannya.

Sekadar informasi, sebelum tiba di Austria, Prabowo telah berkunjung ke Amerika Serikat selama empat hari, sejak 15 Oktober hingga 19 Oktober 2020. Kunjungan tersebut untuk memenuhi undangan Menhan Amerika Serikat, Mark Esper. (lia/sumber::okezone)