press enter to search

Rabu, 25/11/2020 17:36 WIB

Berwisata ke Taman Bunga Celosia Kuningan, Warna Warni Kembang Bermekaran

Redaksi | Rabu, 21/10/2020 13:52 WIB
Berwisata ke Taman Bunga Celosia Kuningan, Warna Warni Kembang Bermekaran

Kuningan (Aksi.id) -  Taman Bunga Celosia sedang cantik. Bunga warna-warni tengah mekar di taman yang ada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat itu.

Terletak di kaki Gunung Ciremai tepatnya di Desa Gunungkeling, Kecamatan Cigugur, Taman Bunga Celosia menyajikan kecantikan dan keindahan dengan beragam jenis bunga yang ada. Sesuai namanya, taman ini memiliki satu bunga khusus, yakni bunga celosia, bunga dari Benua Afrika.

Selain itu, taman ini memiliki koleksi bunga matahari, bunga kertas, dan lainnya. Saat ini, bunga-bunga sedang bermekaran.

Taman Bunga Celosia itu makin sip dengan berada di ketinggian 600 mdpl. Hawanya sejuk dan cocok sekali dijadikan tempat untuk menenangkan pikiran. Suasananya juga sunyi.

Taman Bunga Celosia ini awalnya didirikan oleh kelompok pemuda Desa Gunungkeling untuk meningkatkan perekonomian warga desa.

Taman Celosia di KuninganTaman Celosia di Kuningan Foto: Bima Bagaskara/detikTravel

 

"Tahun 2019 atas inisiatif pemuda desa dibuatlah taman bunga ini. Sebelumnya pemuda disini juga pernah mengelola taman bunga di desa tetangga," kata Alim, kas Ekonomi Desa Gunungkeling, Rabu (21/10/2020).

Di Taman Bunga Celosia ini pengunjung bisa berfoto di tengah taman bunga dengan latar belakang pemandangan Kuningan dan Gunung Ciremai,  Selain itu, ada juga kincir angin khas Belanda yang menambah daya tarik destinasi wisata Jabar ini.

"Pengunjung kalau mau juga bisa nge-camp disini, tapi harus bawa tenda sendiri karena kita belum menyediakan penyewaan tenda untuk sekarang," kata Aliman.

Pengembangan dan penataan Taman Bunga Celosia dilakukan oleh pemuda-pemuda Desa Gunungkeling. Saat ini, koleksi bunga terus ditambah.

Untuk harga tiket masuknya, setiap pengunjung dikenakan tarif Rp 10 ribu. Sementara itu, jika ada yang ingin menginap dengan membangun tenda, dikenakan tarif Rp 15 ribu per orang.

Taman bunga ini biasanya selalu ramai dikunjungi pada saat akhir pekan, namun ada saja pengunjung yang datang saat hari biasa. Salah satunya, Dini (35).

Dini mengatakan sengaja datang ke Taman Bunga Celosia di hari biasa karena tidak terlalu menyukai keramaian terutama pada saat akhir pekan.

Taman Celosia di Kuningan
Taman Celosia di Kuningan Foto: Bima Bagaskara/detikTravel

 

"Sengaja hari biasa karena kalau akhir pekan itu ramai. Kalau hari biasa gini suasana sunyi tenang, enak buat refresh otak," kata Dini saat ditemui di lokasi.

Ia menyebut baru pertama kali datang ke Taman Bunga Celosia ini. Meski indah dan sejuk kata Dini, taman ini masih perlu ditata dan dikembangkan lagi sehingga ke depannya bisa menarik banyak minat wisatawan untuk datang berkunjung.  (ny/Sumber:detik.com)