press enter to search

Selasa, 01/12/2020 02:59 WIB

Erick Thohir Minta Pertamina hingga PLN Investasi Energi Terbarukan

Dahlia | Kamis, 22/10/2020 12:08 WIB
Erick Thohir Minta Pertamina hingga PLN Investasi Energi Terbarukan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

Jakarta (aksi.id) - Menteri BUMN Erick Thohir meminta BUMN sektor energi untuk berinvestasi pada sektor Energi Baru Terbarukan (EBT). Tujuannya, mendorong peralihan energi dari sumber daya fosil ke EBT.

"Kementerian BUMN telah tugaskan perusahaan BUMN di klaster energi dan minerba, seperti PLN, Pertamina, MIND ID (holding BUMN tambang), Bukit Asam, untuk terus berinvestasi demi energi masa depan," ungkapnya, dalam acara Tempo Energy Day 2020, Kamis (22/10).

Erick turut menjabarkan sejumlah transformasi energi yang sudah dijalankan meliputi pengembangan program campuran solar dengan minyak kelapa sawit atau biodiesel. Saat ini, program B30 telah berjalan dan targetnya bisa menjadi B100.

Selain itu, pemerintah telah menjalankan percepatan program gasifikasi batu bara menjadi  metanol dan Dimethyl Ether (DME).

Upaya ini diyakini mampu mengurangi impor elpiji yang sekarang mencapai 6 juta metrik ton.

Kementerian BUMN juga mendorong PLN untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan global untuk pengembangan EBT.

Salah satunya kerja sama PLN dengan BUMN Uni Emirat Arab bidang energi, Masdar untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) kapasitas 145 MWAC.

"Oleh karena itu, kami sedang petakan potensi EBT yang ada di Indonesia dan kami prioritaskan mulai dari kepulauan, karena saat ini saat ini beberapa daerah memiliki kapasitas yang berlebih akibat pandemi covid-19," tuturnya.

Untuk diketahui, Kementerian ESDM menargetkan pemanfaatan EBT pada bauran energi nasional mencapai 23 persen pada 2025. Namun, per 2019 lalu capaiannya baru sebesar 9,15 persen. (lia/sumber:cnnondonesia)