Luncurkan Layanan Mobile OMMS untuk Kepelautan dan Perkapalan, Dirjen Hubla Apresiasi Kantor Kesyahbandaran Tanjung Priok

JAKARTA (Aksi.id) - Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Agus H Purnomo meluncurkan One Stop Mobile Maritime Service (OSMMS) pelayanan terbaru Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Kamis (22/10/2020).
Peluncuran oleh Dirjen Hubla itu dihadiri Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Hubla Hermanta, Syahbandar Utama Tanjung Priok Capt. Wisnu Handoko, Ketua STIP Amiruddin,, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sunda Kelapa Roni Fahmi, Kepala KSOP Marunda Iwan Sumantri dan Kepala KSOP Kepulauan Seribu Hanif Kartika Yudha.
Peluncuran OMMS itu juga diwarnai oleh kampanye keselamatan pelayaran, berupa pembagian life jacket kepada sejumlah operator kapal dan nelayan.
Agus Purnomo menyatakan mengapresiasi peningkatan layanan oleh Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok sehingga publik lebih mudah mengakses pelayanan. Layanan ini menjadi salah satu jawaban terhadap tuntutan publik agar birokrasi terus meningkatkan kualitas pelayanan.
Dengan adanya pelayanan mobile itu, dia mengemukakan selain memudahkan publik mengakses pelayanan, juga mencegah kerumuman di kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok.
Di tengah kondisi pandemi Covid-19, dia memgemukakan pelayanan harus mengedepankan protokol kesehatan. Pelayanan mobile ini juga menjadi salah satu solusi agar pelayanan berlangsung dengan lebih baik, namun protokol kesehatan tetap dijunjung.
Sementara itu, Kepala Syahbandar Utama Tanjung Priok Capt. Wisnu Handoko mengungkapkan mobil keliling ini menyediakan begitu banyak pelayanan kepada pemilk dan operator kapal.
Pelayanan dalam kepelautan, Wisnu menjelaskan berupa pembuatan buku pelaut, perpanjangan buku pelaut, penggantian buku pelaut serta penyijilan buku pelaut.
Sedangkan perkapalan, dia mengungkapkan berupa PAS besar, PAS kecil, gross akta, surat ukur, sertfikat keselamatan kapal, dan sertifikat kecakapan kepelautan.
Mobil layanan keliling, mantan Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang tersebut mengutarakan akan mengunjungi sekolah pelayaran, maskapai pelayaran, dan instansi terkait pelayaran.
"Seperti STIP, BP3IP, Poltekpel, Pertamina, kamtor Imigrasi, serta UPT di wilayah koordinasi Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok," jelasnya.
Merespon kehadiran mobil pelayanan keliling itu, Ketua STIP Amiruddin mengemukalkan menjadi berita gembira bagi peserta didik di STIP.
"Taruna, yang hendak praktik layar, dapat mengurus pembuatan buku pelaut. Selain itu, taruna juga dapat memperpanjang buku pelaut," ujarnya.
Sedangkan Direktur Perkapalan dan Kepelautan Hermanta menyatakan inovasi pelayanan berplatofrm digital dan mobile itu menjadi bagian dari menyongsong Revolusi Industru 4.0. (ahmad/fahmi/awe).
Artikel Terkait :
Artikel Terbaru :
TERPOPULER
- Dukung Integrasi Pembayaran, KMT Kini Dapat Digunakan untuk Angkutan Perkotaan di Depok dan Cikarang
- AirNav Indonesia dan BSSN Perkuat Keamanan Sistem Navigasi Udara Lewat Kolaborasi Strategis
- Polsek Kepulauan Seribu Utara Gelar Patroli Malam Perintis Presisi, Sasar Kenakalan Remaja, Narkoba, Miras hingga Premanisme
- KAI Services Berbagi Kebahagiaan dengan para Pekerja di HUT ke 22 Tahun
- Hijaukan Pesisir Timur Jawa, KAI Logistik Tanam 2.000 Mangrove
- Wujudkan Pertumbuhan Inklusif, KAI Logistik Dorong Ekonomi Kerakyatan dalam Ekosistem Logistik
- Polsek Kepulauan Seribu Utara Amankan Kunjungan Gubernur DKI Jakarta ke Pulau Kelapa, Tanam Mangrove hingga Serahkan Bibit Ikan
- Pembinaan Rohani Dan Mental, Tahanan Polres Pelabuhan Tanjung Priok
- KAI Services Bahas Kolaborasi Strategis Penguatan Layanan dengan Dinas Kebudayaan Yogyakarta
- Polda Metro Jaya evakuasi 254 Warga Kebon Pala yang mengalami musibah Banjir
