press enter to search

Minggu, 29/11/2020 11:02 WIB

Nelayan: Mudah & Murah Urus Pas Kecil di OMMS Syahbandar Tanjung Priok

Fahmi | Kamis, 22/10/2020 18:32 WIB
Nelayan: Mudah & Murah Urus Pas Kecil di OMMS Syahbandar Tanjung Priok

JAKARTA (Aksi.id) - Nelayan merasa terbantu dengan pengurusan PAS Kecil yang lebih efisien dengan cepat serta gratis. Dan merasa lebih maju karena diberikan dorongan untuk keselamatan dalam melaut.

Hal itu diungkapkan oleh Himpunan dan Koperasi Nelayan Bagan Apung Unit Mandiri Bahari, Kalibaru, Jakarta Utara, bernama Amiruddin, yang menerima secara simbolik PAS kecil dan jaket pelampung oleh Kesyahbandaran Tanjung Priok dalam peluncuran mobil keliling One Stop Mobile Maritime Service (OSMMS) di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) di kawasan Marunda, Jakarta Utara.

"Dulunya berbentuk surat, sekarang seperti ini, PAS kecil diubah menjadi seperti ini lebih praktis kalau kenak air dia enggak mudah rusak," kata H Amiruddin kepada Aksi.id dan BeritaTrans.com, Kamis (22/10/2020).

"Ini juga enggak lama kemarin. Dua hari lah, free(gratis) lagi" katanya.

Menurut Amiruddin yang lama itu waktu pengajuan awal, karena harus mempersiapkan segala kebutuhan syarat-syaratnya.

Saat ini perkumpulan nelayan yang diurus Amiruddin memiliki 65 Bagan Apung dan 25 kapal pengangkut dengan besaran antara 30-40 GT dan lima kecil di bawah 17 GT. Katanya beberapa kapal dalam proses pengumpulan data.

"Yang lain nanti kita kumpulin aja lagi mau diubah lagi,"ungkapnya.

Hal itu juga diungkapkan oleh wakil ketua yang bernama Yoga. Warga Pelelangan Ikan Kalibaru Cilincing itu menceritakan dengan hadirnya pengurusan yang mudah semua nelayannya dapat menjadi nelayan modern.

"Dengan ada izin berlayarnya. Kita mencoba memberikan pemahaman kepada nelayan itu agar lebih modernlah. Jangan sampai nelayan itu terkesan ketinggalan," kata Yoga menambahkan.

Dia menjelaskan bahwa saat ini faktor keselamatan di kapal lebih diutamakan, seperti  ketersediaan jaket pelampung dan nelayan juga terlatih.

"Kebetulan nelayan kita sudah dibina dan sering ada pelatihan dari Sudin Perikanan Jakarta Utara. Semua hal bagus dan spositif kita lakuin semua," ungkap Yoga. (fahmi)