press enter to search

Sabtu, 28/11/2020 14:42 WIB

Libur Panjang Maulid Nabi, Angkasa Pura II Prediksi Kenaikan Penumpang hingga 9 Persen

Redaksi | Sabtu, 24/10/2020 16:22 WIB
Libur Panjang Maulid Nabi, Angkasa Pura II Prediksi Kenaikan Penumpang hingga 9 Persen Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin

JAKARTA (aksi.id) — PT Angkasa Pura II (Persero) memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah penumpang dari bandara kelolaannya 6-9 persen dari hari biasa.

Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaludin menyebutkan lonjakan itu diperkirakan akan akan lebih besar dibandingkan momentum  sama tahun sebelumnya.

"Di libur panjang, biasanya akan terjadi peningkatan penumpang 4 persen sampai 6 persen. Namun, situasi kali ini agak berbeda dengan adanya stimulus Passenger Service Charge (PSC) dari pemerintah," ujar Awaluddin, Sabtu (24/10/2020).

Dalam memgantisipasinya, pihaknya tetao tegas menerapkan protokol kesehatan juga akan mematuhi syarat pemerintah agar batas maksimum kapasitas adalah 50 persen.

"Kami juga akan melakukan rebalancing traffic terutama di Bandara Soekarno-Hatta. Maskapai ada yang telah kami pindahkan operasionalnya ke terminal 3 agar tidak terjadi penumpukan," bebernya.

Kendati demikian, meski prediksi akan terjadi lonjakan, namun berdasarkan data Angkasa Pura II per 22 Oktober, rasio slot utilisasi di lima bandara utama masih jauh dari batas maksimum 50 persen.

Sebut saja Bandara Soekarno-Hatta di level 38 persen, Bandara Halim Perdana Kusuma 25 persen dan Bandara Kualanamu 35 persen.

Kenaikan yang mungkin terjadi diyakini dapat diantisipasi Angkasa Pura II menilik dari kondisi eksisting.

Lima bandara yang dapat stimulus dipastikan akan mengambil porsi 75 persen dari pergerakan penumpang dan 69 persen dari pergerakan pesawat. (omy)

Keyword

Artikel Terkait :

-