press enter to search

Sabtu, 28/11/2020 23:10 WIB

Gempa Goyang Pangandaran Jabar, Puluhan Rumah Rusak 3 Warga Luka

Redaksi | Minggu, 25/10/2020 18:51 WIB
Gempa Goyang Pangandaran Jabar, Puluhan Rumah Rusak 3 Warga Luka     Ilustrasi. (ist)


BANDUNG (Aksi.id) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mencatat puluhan rumah rusak sedang dan ringan dampak kerusakan gempa bumi dengan magnitude 5,9 Kedalaman 10 km pada 90 km barat daya Kabupaten Pangandaran, Minggu (25/10).


Data tersebut terkumpul hingga pukul 16.00 WIB. Meski tak menimbulkan korban jiwa, ada tiga orang mengalami luka ringan.

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jabar menyampaikan, lokasi terdampak gempa Pangandaran yaitu Kabupaten Pangandaran meliputi empat kecamatan dan empat desa. Sebanyak lima unit rumah mengalami rusak ringan.

Di Kabupaten Ciamis, gempa berdampak di enam 6 kecamatan dan 7 desa. Sebanyak 13 unit rumah mengalami rusak sedang dan ringan.

Sedangkan di Kabupaten Tasikmalaya, gempa berdampak di empat kecamatan dan empat desa dengan tujuh unit rumah rusak ringan. Kemudian di Kabupaten Garut dilaporkan satu unit rumah rusak berat. Serta di Kota Tasikmalaya dua unit rumah rusak ringan dan satu unit rumah rusak sedang.

"Sebanyak tiga orang luka ringan, 2 orang di Kabupaten Ciamis dan 1 orang di Kota Tasikmalaya," kata Manajer Pusdalops BPBD Jabar Budi Budiman Wahyu.

Hingga saat ini, BPBD Jabar terus berkoordinasi dan memantau kondisi terkini terhadap seluruh kabupaten/kota terdampak. Selain itu, BPBD kabupaten/kota masih melakukan assesment ke lokasi-lokasi kejadian sambil memberikan imbauan kepada warga setempat agar selalu waspada dan siaga karena di lokasi juga saat ini sedang turun hujan.

Terkait kondisi saat ini pihak BPBD masih melakukan pendataan dan menunggu laporan dari beberapa kecamatan. Aadapun korban luka-luka sudah dilarikan ke klinik terdekat. (ds/sumber CNNIndonesia.com)