press enter to search

Sabtu, 28/11/2020 05:26 WIB

Puluhan Rumah Rusak di Ciamis, Garut dan Tasikmalaya Rusak Akibat Gempa 5,9 M Pangandaran

Redaksi | Senin, 26/10/2020 06:01 WIB
Puluhan Rumah Rusak di Ciamis, Garut dan Tasikmalaya Rusak Akibat Gempa 5,9 M Pangandaran Sebuah rumah yang dihuni 8 anggota keluarga ambruk akibat gempa Pangandaran di Desa Manggungjaya, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (25/10/2020). KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA

GARUT (Aksi.id)  - Gempa bermagnitudo 5,9 yang berpusat di Pangandaran, Minggu (25/10/2020) terasa hingga ke sejumlah daerah di Jawa Barat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar mencatat, gempa menyebabkan puluhan rumah di Kabupaten Ciamis, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Garut, serta Pangandaran rusak.

Rinciannya, lima rumah rusak ringan di Kabupaten Pangandaran, 13 unit rumah rusak ringan dan sedang di Kabupaten Ciamis, tujuh rumah rusak ringan di Kabupaten Tasikmalaya, dua rumah masing-masing rusak ringan dan sedang di Kota Tasikmalaya.

"Satu rumah rusak berat di Kabupaten Garut," kata Manager Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jabar Budi Budiman melalui pesan singkat, Minggu.

Gempa juga melukai tiga orang di Kabupaten Ciamis, dan satu orang di Kota Tasikmalaya. "Korban luka-luka sudah dilarikan ke klinik terdekat," ucapnya.

Saat ini BPBD Jabar terus berkoordinasi dan memantau kondisi daerah terdampak.  Pihaknya juga melakukan assessment ke lokasi terdampak sekaligus memberikan imbauan kepada warga setempat agar selalu waspada.

"Kami masih melakukan pendataan dan menunggu laporan dari beberapa kecamatan," kata Budi. (ny/Sumber: Tribunnews.com,)