press enter to search

Sabtu, 28/11/2020 23:27 WIB

Dubai Akan Tambah 12 Pantai Buatan

Dahlia | Sabtu, 31/10/2020 22:04 WIB
Dubai Akan Tambah 12 Pantai Buatan

Dubai (aksi.id) - Dubai akan membangun 12 pantai buatan baru dan sejumlah ruang hijau yang luasnya mencapai 8 juta meter persegi.

Pembangunan tersebut akan menelan biaya hingga lebih dari 2 miliar dirham Uni Emirat Arab ( UEA) atau sekitar Rp 7,9 triliun.

Selain itu, Dubai juga akan membangun lebih banyak area untuk berenang,  jalur lari yang lebih baik, dan jalur bersepeda yang lebih panjang.

Total proyek yang akan dibangun adalah 29 proyek sebagaimana dilansir dari The National, Sabtu (31/10/2020).

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Presiden UEA sekaligus Penguasa Dubai, Syekh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, melalui akun Twitter-nya.

Dia mengatakan pembangunan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup warga UEA, khususnya Dubai.

“Hari ini, kami menyetujui 29 proyek baru untuk menambah 8 juta meter persegi ruang hijau dan taman, dengan biaya sebesar 2 miliar dirham, di dalam kawasan perumahan dan komersial Dubai,” tulis Syekh Mohammed.

Dia menambahkan melalui pembangunan tersebut, Dubai akan terus meningkatkan kualitas hidup rakyatnya dan akan terus membangun masa depan mereka.

“Kami juga menyetujui pengembangan 12 kilometer pantai Dubai, yang mencakup 1 juta meter persegi, dari Pantai Mamzar hingga Umm Suqeim II,” sambung Syekh Mohammed.

Dia mengatakan proyek pantai yang sedang dikembangkan tersebut akan menelan biaya senilai 500 juta dirham UEA atau Sentara Rp 1,9 triliun.

“Kualitas hidup di Dubai adalah rahasia mencintai kehidupan di Dubai,” imbuh Syekh Mohammed.

Baru-baru ini, Dubai juga mengumumkan rencananya untuk memperpanjang jalur bersepeda sejauh 88 kilometer di delapan distrik sebagai bagian dari rencana induk lima tahun.

Dari rencana pembangunan tersebut pembangunan jalur sepeda di tiga distrik, dengan total panjang 31 kilometer, telah menjadi prioritas.

Jalur pertama yang sejauh 16 akan membentang dari Pantai Jumeirah melewati Jalan Al Sufouh sebelum terhubung dengan jalur sepeda yang ada di Jalan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud.

Pembangunan jalur pertama tersebut akan sejajar dengan jalur pejalan kaki yang ada.

Sedangkan jalur sepeda kedua, sepanjang 7 kilometer, akan membentang dari Mohammed bin Rashid Boulevard ke jalur bersepeda di Jumeirah Street dan 2nd of December Street.

Sementara jalur sepeda ketiga, sepanjang 8 kilometer, akan menghubungkan jalur bersepeda di Al Khawaneej dan Al Warqaa melalui Jalan Sheikh Zayed bin Hamdan Al Nahyan dan Jalan Tripoli.

Hingga saat ini total terdapat 425 kilometer jalur bersepeda di Dubai.

Proyek pembangunan tersebut akan menambah jalur bersepeda di Dubai hingga 647 kilometer pada 2025 sebagai bagian dari rencana untuk menjadikan Dubai sebagai kota ramah sepeda. (lia/sumber:kompas)