press enter to search

Jum'at, 22/01/2021 16:28 WIB

Roni Fahmi: Cukup 2 Hari Urus Buku Pelaut di KSOP Sunda Kelapa

Dahlia | Selasa, 03/11/2020 18:54 WIB
Roni Fahmi: Cukup 2 Hari Urus Buku Pelaut di KSOP Sunda Kelapa Foto:istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sunda Kelapa melayani dokumen pelaut dengan sistem on-line, sehingga proses penyelesaian bisa lebih efisien dari sisi waktu.

“Kami terus berusaha agar pelayanan mudah dan cepat jika persyaratannya sudah lengkap, dan tetap dengan protokol kesehatan saat pendemi COVID-19 ini demi kenyamanan bersama. Kalau sebelumnya layanan dokumen bisa 5 hari kini bisa 2 hari, untuk pembuatan buku pelaut yang baru, sedangkan untuk perpanjang satu hari bisa selesai,” kata Kepala KSOP Sunda Kelapa, Capt Roni Fahmi, kepada BeritaTrans.com dan aksi.id, saat ditemui di kantornya, Selasa (3/11/2020).

Kantor KSOP Sunda Kelapa menerbitkan 20 buku pelaut per hari dan juga melayani dokumen masa layar dan sijil bagi pelaut, dan sementara ini belum ada kerjasama dengan STIP Jakarta dan BP2IP Tangerang untuk diklat pemberdayaan masyarakat.

“Kami menerbitkan 20 buku pelaut per hari dan juga melayani masa layar serta sijil bagi pelaut, sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat saat ini belum ada kerjasama dengan STIP Jakarta dan BP2IP Tangerang,, dan kami siap bila ada kerjasama tersebut” ujarnya.

Dia menuturkan pihaknya sedang mengkaji sistem jemput bola untuk pembuatan buku pelaut bagi taruna pelayaran yang sedang belajar, diharapkan bisa bekerjasama dengan pendidikan pelayaran swasta, seperti sekolah tinggi pelayaran ataupun akademi yang ada di Jakarta, agar taruna tidak perlu lagi ke kantor KSOP. “Jadi kami yang akan menjemput berkasnya untuk terbitkan buku pelaut baru,”tambahnya.

Kantor KSOP Sunda Kelapa membuka diri bagi taruna pelayaran yang akan melakukan praktek darat untuk penelitian atau lainnya di Pelabuhan Sunda Kelapa tutupnya.(ahmad)