press enter to search

Kamis, 04/03/2021 08:06 WIB

1.302 Tentara Separatis Armenia Tewas dalam Perang di Nagorno-Karabakh

Dahlia | Selasa, 10/11/2020 20:02 WIB
1.302 Tentara Separatis Armenia Tewas dalam Perang di Nagorno-Karabakh foto:reuters

YEREVAN (aksi.id) - Jumlah tentara separatis Armenia yang tewas dalam perang dengan Azerbaijan bertambah menjadi 1.302 orang. Jumlah itu dihitung sejak pertempuran bermula pada 27 September.

Kementerian pertahanan wilayah Nagorno-Karabakh, dikutip dari Reuters, Selasa (10/11/2020), menyatakan, ada penambahan 81 tentara yang tewas berdasarkan laporan terbaru.

Armenia dan Azerbaijan meneken perjanjian damai dimediasi oleh Rusia pada Selasa dini hari, mengakhiri perang yang berlangsung selama 6 pekan lebih.

Namun keputusan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan untuk meneken perjanjian damai dengan Azerbaijan ditentang rakyatnya di Yerevan serta di Nagorno-Karabakh. Langkah tersebut dianggap menempatkan Armenia sebagai pihak yang menyerah.

Pashinyan menegaskan telah mempertimbangkan secara matang untuk mengikuti kesepakatan tersebut. Gencatan senjata penuh dengan Azerbaijan sebagai opsi terbaik bagi dua pihak yang berkonflik.

"Saya telah menandatangani pernyataan dengan Presiden Rusia dan Azerbaijan untuk penghentian perang Nagorno-Karabakh. Secara pribadi, langkah ini menyakitkan bagi saya dan rakyat kami. Saya telah mengambil keputusan ini sebagai hasil dari analisis mendalam tentang situasi militer," ucapnya. (lia/sumber:inews.id)