press enter to search

Senin, 18/01/2021 17:36 WIB

Camat Dramaga: Ada 37 Bus Transjakarta yang Terbakar

bondan | Sabtu, 14/11/2020 14:55 WIB
Camat Dramaga: Ada 37 Bus Transjakarta yang Terbakar Foto: Okezone.com

BOGOR (BeritaTrans.com) - Kebakaran yang terjadi di kuburan bus Transjakarta di Desa dan Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor pada Jumat (14/11/2020) siang masih terus dihitung.

Camat Dramaga, Ivan Pramudia, mengatakan, untuk sementara, total bus yang terbakar jumlahnya sekitar 37 unit.

“Tadi sudah dihitung oleh anggota, yang terbakar ada 37 unit,” kata Ivan ketika dikonfirmasi, Jumat.

Dia mengatakan, pemerintah kecamatan juga menunggu hasil penyelidikan dari Polsek Dramaga. Jika nanti lokasi tersebut harus ditutup atau diberi garis polisi, menurut Ivan, hal itu merupakan kewenangan pihak kepolisian.

Apabila hasil penyelidikan sudah keluar, sambung dia, Kecamatan Dramaga siap melaporkannya ke Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin. Apalagi, pihaknya telah melakukan sidak ke lokasi itu sebanyak tiga kali, dan meminta para pekerja untuk mengubah cara bekerja agar asap tidak terlalu berdampak ke warga sekitar.

“Itu sidak kita beri saran saat pengelasan ditambah penyemprotan (air) agar asap tidak terlalu besar, tapi ternyata sudah tiga kali disampaikan mereka tidak ikuti,” tutur Ivan.

Berdasarkan keterangan Komandan Regu Pemadam Kebakaran (Damkar) Sektor Yasmin, Soleh merincikan ada sebelas unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi. “Ada 11 unit mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten dan Kota Bogor,” kata Soleh.

Ketika memadamkan api, Soleh menceritakan, petugas pemadam kebakaran mengalami kesulitan melewati medan di lokasi. Pasalnya, medan yang dilalui adalah bahan yang rawan jika terinjak atau terlindas kendaraan damkar. “Anggota pun dalam memadamkan kebakaran perlu kehati-hatian,” ujar Soleh.

Apalagi, tambahnya, banyak bahan-bahan mudah terbakar yang tersebar di lokasi kejadian. Seperti busa dan karet yang berasal dari badan bus yang sudah dipotong. (Republika.co.id).