press enter to search

Selasa, 01/12/2020 09:08 WIB

Kapal Kargo Bermuatan 137 Kontainer Tenggelam di Teluk Lamong Surabaya

Dahlia | Senin, 16/11/2020 20:33 WIB
Kapal Kargo Bermuatan 137 Kontainer Tenggelam di Teluk Lamong Surabaya Tug boat memasang tanda di titik kalap kargo yang tenggelam di Teluk Lamong. (Foto: Antara)

SURABAYA (aksi.id)  – Sebanyak 18 anak buah kapal (ABK) kapal kargo yang terbalik di Dermaga Pelabuhan Teluk Lamong, Senin (16/11/2020) selamat. Seluruh ABK berhasil diselamatkan petugas pelabuhan.

Berdasarkan video amatir yang direkam warga, kapal yang memuat 137 kontainer itu tiba-tiba mirig ke kanan, sesaat setelah melakukan aktifitas muat. Tak berselang lama, kapal dengan panjang 84 meter dan lebar 14,5 meter ini terbalik tenggelam.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Kelas Utama Tanjung Perak, Sudiono mengaku belum mengetahui penyebab nahas tersebut. Sebab, berdasarkan pemeriksaan dokumen perjalanan, kapal kargo tujuan Kendari tersebut dalam kondisi laik jalan.

“Kapal dalam kondisi laik jalan. Tidak ada masalah. Kami masih menerjunkan tim untuk melakukan proses penyelidikan,” katanya, Senin (16/11/2020).

Sementara itu perwakilan pemilik kapal Antony Sunardi Sudartan, mengaku akan bertanggung jawab atas insiden tersebut. Selain memberikan ganti rugi terhadap kontainer yang tenggelam, pihaknya juga berkomitmen melakukan proses evakuasi kapal.

“Kami akan bertanggung jawab sepenuhnya. Saat ini kami masih berkoordinasi dengan pihak Pelindo,” ujarnya.

Diketahui, Kapal kargo muatan kontainer terbalik di Dermaga Teluk Lamong Surabaya, Senin (16/11/2020). Ratusan kontainer jatuh ke laut dan isinya tercecer ke laut.

Barang-barang tersebut akhirnya dijarah para nelayan tradisional. Sebagian besar berupa makanan dan minuman. (lia/sumber:inews.id)