press enter to search

Selasa, 01/12/2020 08:55 WIB

Mengenal Manfaat Masker Tanah Liat dan Cara Menggunakannya

Dahlia | Sabtu, 21/11/2020 20:24 WIB
Mengenal Manfaat Masker Tanah Liat dan Cara Menggunakannya Foto: ilustrasi

Jakarta (aksi.id)  - Masker tanah liat atau clay mask adalah salah satu produk perawatan kulit yang populer saat ini.

Namun, orang-orang sebenarnya telah menggunakan tanah liat selama berabad-abad untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut mereka.

Dikutip Healthline, 5 Juni 2020, masker wajah dari tanah liat terdiri dari salah satu dari beberapa jenis tanah liat, seperti kaolin atau bentonit.

Masker itu mempunyai beragam manfaat, mulai dari menyerap minyak berlebih hingga mencegah timbulnya jerawat.

Manfaat

1. Mencegah Jerawat

Masker tanah liat berpotensi menyerap minyak dari kulit Anda dan mencegah bentuk jerawat ringan, seperti komedo, komedo putih, dan bintil. Jenis jerawat ini terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh kotoran dan minyak yang berlebihan.

Untuk mengatasi komedo atau jerawat lain itu, disarankan untuk mengoleskan campuran bedak tanah liat dan air hangat.

Namun untuk jerawat yang lebih parah, sebaiknya tidak menggunakan masker tanah liat, karena masker ini tidak menargetkan akar penyebab jerawat yang mungkin disebabkan oleh faktor hormonal.

2. Membuka pori-pori dan merawat kulit berminyak

Mengaplikasikan masker tanah liat ke wajah akan menghilangkan minyak berlebih dari pori-pori. Banyak orang mengklaim tanah liat hijau adalah yang terbaik untuk mengeringkan kulit Anda.

Jika Anda memiliki kulit berminyak alami, mengoleskan masker tanah liat secara teratur sekali atau dua kali seminggu dapat membantu mengatasi minyak berlebih.

3. Mengobati penyakit kulit

Sebuah studi pada 2017 mendapati kandungan tanah liat seperti bentonite berpotensi meredakan gejala masalah kulit seperti dermatitis.

Bentonit juga bermanfaat mengurangi kelembapan yang berlebihan, melindungi kulit dari racun, membantu mengurangi jerawat, dan meredakan gejala diaper rash.

Tidak ada penelitian masker tanah liat sebagai pengobatan untuk gangguan kulit lain seperti psoriasis, rosacea, dan eksim. Namun, banyak orang mengklaim masker tanah liat membantu mengatasi gejala mereka.

Penelitian lain menemukan tanah liat bentonit dapat membantu mengobati bisul dan luka.

Sementara, penelitian pada hewan menunjukkan masker tanah liat dapat meningkatkan produksi serat kolagen, yang dapat mengurangi kerutan dan meningkatkan kekencangan kulit.

4. Melembapkan kulit kering

Menurut studi pada 2016, ketika tanah liat mengeras akan menciptakan lapisan yang dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan.

Namun, para peneliti menemukan penggunaan masker tanah liat dalam jangka pendek tidak menyebabkan perubahan signifikan pada kekencangan kulit.

Penggunaan masker tanah liat yang berlebihan berpotensi mengeringkan kulit Anda. Jika Anda sudah memiliki kulit kering, sebaiknya batasi penggunaan masker tanah liat maksimal sekali seminggu.

Cara menggunakan clay mask

Berikut cara mengaplikasikan masker tanah liat hijau dasar:

  • Ambil tanah liat berukuran seperempat dari wadahnya.
  • Sebarkan tanah liat secara merata di seluruh wajah Anda. Mulailah dari leher atas Anda dan lanjutkan ke atas.
  • Biarkan selama sekitar 15 menit.
  • Hapus masker dengan air hangat atau kain penutup wajah yang lembap.

Para ahli menyarankan untuk tidak terlalu sering dalam pengaplikasiannya. Sebaiknya batasi hanya dua kali seminggu.

(lia/sumber:kompas.com)

Artikel Terkait :

-