press enter to search

Senin, 18/01/2021 11:13 WIB

4 Pebasket Muslim Menjadi Bintang Besar di NBA

Redaksi | Selasa, 01/12/2020 09:37 WIB
4 Pebasket Muslim Menjadi Bintang Besar di NBA Pebasket Kareem Abdul Jabbar.

NEW YORK (Aksi.id) - Salah satu olahraga yang populer di seluruh dunia adalah bola basket. Kompetisi bola yang terkenal adalah NBA. NBA atau National Basketball Association adalah liga bola basket pria di Amerika Serikat  yang didirikan di New York City pada 6 Juni 1946.

Liga basket paling bergengsi di dunia itu telah mencetak banyak bintang yang bersinar di dunia bola basket internasional. Tak sedikit dari mereka merupakan muslim.

Sejarah mencatat, setidaknya ada 4 nama muslim yang pernah jadi bintang besar di NBA. Inilah mereka:


Kareem Abdul Jabbar

Legenda NBA, Kareem Abdul-Jabar merupakan salah satu pebasket muslim yang memiliki segudang prestasi, dengan nama asli Ferdinand Lewis Alcindor ia adalah mantan pemain bola basket profesional NBA yang memegang rekor poin terbanyak sepanjang sejarah kompetisi NBA.


Sebab sepanjang berkarier, Kareem Abdul-Jabbar menempati posisi center, ia sukses meraih banyak prestasi bergengsi. Bersama dua tim yang pernah diperkuatnya, Milwaukee Bucks (1969-1975) dan Los Angeles Lakers (1975-1989), Abdul-Jabar berhasil meraih enam gelar juara NBA, dan dua kali MVP final NBA.

Dengan gaya skyhook-nya, Kareem Abdul-Jabar telah menjadi pencetak skor terbanyak NBA sepanjang masa, dia membukukan 38.387 poin (rata-rata 24,6 poin per game). Bahkan pelatih tim NBA, Pat Riley, dan seorang pemain aktif NBA, Isiah Thomas, tanpa ragu menyebut Abdul-Jabar sebagai pemain basket terhebat sepanjang masa.

Kareem Abdul-Jabbar tercatat menjuarai sebanyak enam kali NBA Most Valuable Player (MVP), 19 kali NBA All-Star, 15 kali All-NBA selection, dan 11 kali menyabet penghargaan NBA All-Defensive Team.

Hakeem Abdul Olajuwon

Hakeem Olajuwon merupakan salah satu pebasket muslim berprestasi yang diakui oleh Amerika Serikat. Sepanjang kariernya, ia hanya membela dua tim saja, yakni Houston Rockets pada 1984-2001 dan Toronto Raptors di musim 2001-2002.

Bersama Houston Rockets, Olajuwon sukses menjadi juara NBA, yakni di musim 1994 dan 1995. Tidak hanya itu, Olajuwon juga terpilih menjadi bagian dari Timnas Basket Amerika dan menyabet medali emas Olimpiade Atlanta 1996.

Salah satu center dan pemain terbesar dalam sejarah NBA itu berhasil meraih dua kali gelar NBA (1994, 1995), MVP final NBA (1994, 1995), 12 kali masuk NBA All-Star, NBA Defensive Player of the Year (1993, 1994), dan segudang prestasi menarik lainnya.

Pemilik tinggi badan 213 cm yang lahir pada 21 Januari 1963 itu mengaku jika dirinya selalu meluangkan waktu untuk mengaji, baik itu di rumah, masjid, dalam penerbangan pesawat, sebelum dan sesudah pertandingan, atau kapanpun.

“Rekan satu tim dan pelatih saya, selalu menunjukkan rasa hormat dan sangat menghargai atas iman saya. Saya pikir itu karena mereka melihat pertumbuhan dan kedewasaan saya di sepanjang jalan karena keyakinan saya. Prinsip-prinsip Islam adalah cara hidup yang paling lurus, dan ketika anda mempraktikkannya, itu akan tercermin dalam karakter anda,” kata Hakeem Olajuwon, dikutip dari The Undefeated.

Olajuwon memang dikenal sebagai seorang muslim yang taat. Ia tidak pernah meninggalkan kewajibannya sebagai seorang muslim. Bahkan, ia tidak pernah meninggalkan puasa Ramadhan walaupun sedang bertanding, dan berpuasa tidak membuat performanya menjadi turun. Penghargaan NBA Player of the Month bahkan diraihnya saat menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

Shaquille O’Neal

Nama Shaquille O’Neal sudah tidak asing. O’Neal merupakan salah satu pebasket dengan segudang prestasi selama tampil di NBA.

O’Neal ini memang tidak terlalu terbuka mengenai agama yang dianutnya, tapi dia diketahui adalah seorang muslim. O’neal diketahui pernah melaksanakan rukun Islam kelima, yaitu ibadah haji.

Shaquille O’Neal menjadi salah satu pemain basket yang paling mengesankan di sejarah NBA, ia juga merupakan salah satu center raksasa dalam sejarah NBA, ia dibesarkan dari orangtua yang berbeda keyakinan, ibunya adalah seorang Kristen, dan ayah tirinya merupakan seorang muslim.

Selama aktif di basket NBA (1992-2011), Shaquille O’Neal meraih banyak gelar pribadi yang bergengsi dan meraih juara NBA. Ia tiga kali meraih gelar juara NBA bersama Los Angeles Lakers, dan sekali ketika memperkuat Miami Heat. Tiga kali meraih MVP final NBA (2000-2002), dan MVP NBA 2000. Mantan pebasket dengan tinggi 216 cencimeter ini juga 15 kali masuk dalam NBA All-Star.

Rasheed Wallace

Rasheed Wallace adalah pebasket muslim dengan capaian hebat di kancah NBA. Selama berkarier, ia telah membela sejumlah. Sebut saja Washington Bullets, Portland Trail Blazers, Atlanta Hawks, Detroit Pistons, Boston Celtics, hingga New York Knicks.

Adapun capaian terbaik Rasheed Wallace yaitu saat ia membela Detroit Pistons. Sebab, di musim 2004 ia sukses mengantarkan Pistons menjadi juara NBA. Selain itu, Wallace juga empat kali terpilih dalam tim NBA All-Star. (ds/sumber Islampos.com)

Artikel Terkait :

-