press enter to search

Senin, 25/01/2021 10:19 WIB

Replika Komplek Masjid Al-Aqsa Akan Dibangun di Bogor

Redaksi | Selasa, 01/12/2020 13:49 WIB
Replika Komplek Masjid Al-Aqsa Akan Dibangun di Bogor Suasana Salat Tarawih di Masjid Al-Aqsa, Palestina.


BOGOR (Aksi.id) - Lembaga Kemanusiaan yang aktif di Gaza, Palestina, International Networking for Humanitarian (INH) berencana membangun replika komplek Masjid Al-Aqsa di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kami sedang menyiapkan pembebasan lahan untuk pembangunan replika komplek Masjid Al-Aqsa dan Pondok Tahfiz Al Quds Indonesia di Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur," ungkap Presiden Direktur INH, Luqmanul Hakim dalam webinar dipantau di Bogor, Senin (30/11).

Dia mengatakan, lahan sekitar dua hektare itu nantinya juga akan menjadi menjadi pusat pendidikan, kegiatan umat Muslim, serta wistaa religi.

Direktur INH, Muhammad Husein menjelaskan bahwa replika yang akan dibangun tersebut tidak menggambarkan keseluruhan komplek Masjid Al Aqsha, melainkan hanya akan dibangun lima bangunan, yakni; Masjid Al-Qibli, Mushallah An-Nissa, Mushalla Al-Marwani, dan Kubah Ash-Shakhrah.

"Kami ingin di situ nantinya jadi tempat warga yang ingin mempelajari sejarah Palestina, sampai merasakan sensasi atau suasana di Masjid Al-Aqsha," kata pria yang sudah 10 tahun berdomisili di Gaza, Palestina itu.

Husein berharap apa yang diupayakan oleh INH dan masyarakat Indonesia dapat meringankan beban masyarakat Palestina yang menurutnya kian memasuki masa-masa terberat.

"Kami sudah kampanyekan (pembuatan replika) di Gaza, karena ini merupakan peran Indonesia dalam mengedukasi masyarakatnya. Diharapkan langkah masyarakat Indonesia semakin menyatu, sehingga dapat berdampak pada pembebasan Palestina," harapnya.

Masjid Al-Aqsa adalah nama sebuah kompleks seluas 144 ribu meter persegi yang berada di Kota Lama Yerusalem.

Kompleks ini menjadi tempat yang disucikan oleh umat Islam, Yahudi, dan Kristen.

Banyak orang salah mengira kalau Masjid Al-Aqsa ialah Jami` Al-Aqsha atau Masjid Al-Qibli.

Jami` Al-Aqsha adalah masjid berkubah biru yang menjadi bagian dari kompleks Masjid Al-Aqsasebelah bagian selatan, sedangkan Masjid Al-Aqsa sendiri adalah nama dari kompleks tersebut, yang di dalamnya tidak hanya terdiri dari Jami` Al-Aqsha (bangunan berkubah biru) itu sendiri, tetapi juga Kubah Ash-Shakhrah, Mushalla Al-Marwani, Kubah Al-Mi`raj, Kubah As-Silsilah, Kubah An-Nabi, dan bangunan-bangunan lainnya. (ds/sumber Antaranews.com)

Artikel Terkait :

-