press enter to search

Selasa, 26/01/2021 22:51 WIB

Manfaat Madu Hutan, Redakan Batuk Pilek hingga Sembuhkan Luka Luar

Dahlia | Kamis, 03/12/2020 20:06 WIB
Manfaat Madu Hutan, Redakan Batuk Pilek hingga Sembuhkan Luka Luar Foto: ilustrasi madu hitam

Dari sisi tampilan, madu hutan memiliki warna yang lebih gelap atau pekat ketimbang madu biasa. Mengutip laman Sehatq, berikut mafaat madu hutan untuk kesehatan:

  1. Menambah nafsu makan
    Madu hutan mengandung fruktosa dan glukosa tinggi yang mampu menambah nafsu makan. Fruktosa dan glukosa bekerja menstimulasi pencernaan.
  2. Menurunkan tekanan darah
    Penelitian menunjukkan madu hutan mengandung antioksidan dosis tinggi yang mampu menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, penderita penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker dapat mengkonsumsinya. Namun untuk lebih jelasnya sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.
  3. Memulihkan luka luar
    Jika kulitmu tergores dan berdarah atau mengalami luka bakar, langsung oleskan madu hutan di atas luka tersebut. Luka pada kulit akan cepat kering dan pulih. Para peneliti meyakini cepatnya penyembuhan luka luar dengan madu hutan lantaran kandungan antibakteri dan anti-inflamasinya.

     

    Ilustrasi madu. Holliejean.com

     

  4. Mengontrol kadar kolesterol
    Penelitian National Institute of Health menunjukkan madu hutan mampu mengurangi total kadar kolesterol jahat LDL sekaligus meningkatkan kolesterol baik HDL. Riset juga menunjukkan konsumsi madu membantu menurunkan berat badan.
  5. Bantu Meredakan Batuk Pilek
    Sebuah penelitian yang melibatkan 139 anak menunjukkan madu soba dapat mengalahkan dekstrometorfan atau penekan batuk dan meredakan batuk malam hari pada anak-anak. Madu bekerja dengan meredakan radang di saluran pernapasan dan meredakan batuk.

(lia/sumber:tempo.co)

Keyword Madu hitam

Artikel Terkait :

-