press enter to search

Senin, 08/03/2021 06:48 WIB

Anita Kolopaking Divonis 2,5 Tahun Penjara Kasus Djoko Tjandra

Dahlia | Selasa, 22/12/2020 19:05 WIB
Anita Kolopaking Divonis 2,5 Tahun Penjara Kasus Djoko Tjandra Anita Kolopaking divonis 2,5 tahun penjara atas kasus pemalsuan surat jalan Djoko Tjandra. (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta (aksi.id) - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur memvonis Anita Kolopaking dengan pidana 2,5 tahun penjara atas kasus pemalsuan sejumlah surat untuk kepentingan buronan korupsi hak tagih (cessie) Bank Bali,  Djoko Soegiarto Tjandra.

Hakim menilai Anita yang merupakan pengacara Djoko Tjandra terbukti bersalah menyuruh melakukan pembuatan surat jalan, surat keterangan pemeriksaan Covid-19, dan surat rekomendasi kesehatan.

Selain itu, ia juga dinyatakan terbukti memberi pertolongan kepada Djoko Tjandra yang merupakan terpidana korupsi dan belum ditahan karena melarikan diri.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Anita Kolopaking oleh karena itu dengan pidana penjara dua tahun dan enam bulan," ujar Hakim Ketua Muhammad Sirat saat membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (22/12).

Hakim mengungkapkan hal-hal yang memberatkan bagi Anita adalah perbuatannya telah mencederai profesi advokat, perbuatan Anita telah membahayakan keselamatan masyarakat dengan melakukan perjalanan tanpa tes Covid-19, dan Anita tidak merasa bersalah.

"Hal meringankan terdakwa berlaku sopan dalam persidangan, belum pernah dihukum," ucap Hakim.

Vonis ini lebih tinggi daripada tuntutan jaksa penuntut umum yang meminta hakim menghukum Anita dengan pidana dua tahun penjara.

Anita maupun jaksa kompak akan memanfaatkan waktu tujuh hari untuk pikir-pikir atas vonis hakim tersebut.

Sementara itu, Djoko Tjandra sendiri juga sudah divonis dengan pidana 2,5 tahun penjara dan mantan Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetijo Utomo divonis pidana 3 tahun penjara.

(lia/sumber:cnnindonesia.com)