press enter to search

Rabu, 20/01/2021 07:35 WIB

5 Manfaat Makan Mentimun Setiap Hari

Dahlia | Rabu, 06/01/2021 20:28 WIB
5 Manfaat Makan Mentimun Setiap Hari

JAKARTA (aksi.id) - Menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat menjadi pilihan tepat. Salah satu yang bisa dikonsumsi adalah mentimun.

Mentimun dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dari penurunan berat badan, kesehatan jantung, nyeri dan juga bengkak, ada alasan bagus mengapa mentimun merupakan pilihan yang bagus untuk dikonsumsi secara teratur.

Sementara, sebagian besar dari kita terbiasa hanya memakan irisan mentimun. Padahal, manfaat kesehatan mentimun lebih besar. Melansir Times of India, berikut 5 manfaat yang akan Anda dapatkan dari mengonsumsi timun setiap hari.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Hidrasi adalah kunci untuk menjaga fungsi tubuh yang vital.  Meskipun penting untuk mengonsumsi 8-10 gelas air dan cairan lain dalam sehari, mentimun adalah buah bagus yang dapat memenuhi kebutuhan hidrasi Anda.

Mentimun memiliki kandungan air hingga 96%, yang dapat membuat Anda tetap terhidrasi dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.  Mendapatkan cukup air melalui buah-buahan dan sayuran memastikan sel-sel mendapatkan nutrisi yang tepat, Anda melawan kelelahan, dan tetap berenergi sepanjang hari.  Karenanya, mentimun juga bisa menjadi pilihan ngemil yang baik.

Membantu turunkan berat badan

Mentimun adalah salah satu pilihan penolong penurunan berat badan terbaik dan termudah yang tersedia secara alami.  Bahkan, banyak ahli yang menganggap sebagai buah yang wajib dimiliki ketika seseorang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Perbedaan Makanan Halal dan Haram Menurut Syariat Islam

Mentimun tidak hanya mudah dan ringan di perut, tetapi juga mengandung serat dan kandungan air yang baik, dan merupakan pilihan makanan rendah kalori yang sangat baik untuk dimiliki.

Baik untuk gusi

Menjaga kesehatan gigi adalah kunci untuk melawan komplikasi kesehatan.  Mentimun dapat membantu mengatur keseimbangan asam di mulut, menjaga keseimbangan pH, yang pada akhirnya membantu tubuh mencegah dan menyembuhkan luka kecil dan luka dalam waktu yang lebih singkat.  Mengunyah mentimun secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit gusi dan penyakit gigi.

Manfaat lain yang mungkin belum Anda ketahui adalah beberapa orang mengklaim makan buah dan sayuran seperti mentimun, seledri, wortel dapat memutihkan gigi, membersihkan plak, dan penumpukan racun.

Meningkatkan aliran darah

Mentimun kaya akan antioksidan, yang sangat baik untuk tubuh dan bermanfaat bagi fungsi vital. Antioksidan tinggi yang ada dalam buah-buahan seperti mentimun dapat membantu mengatur aliran darah, mengatasi radikal bebas, dan bahkan membantu meregenerasi pertumbuhan jaringan dalam tubuh.

Mentimun juga terbukti ampuh dalam antioksidan seperti flavonoid dan tanin yang bekerja dalam mencegah penumpukan radikal bebas dan menurunkan risiko pengembangan penyakit kronis dan infeksi.

Membantu mengeluarkan racun

Makan mentimun secara rutin bisa mempermudah tubuh untuk membuang kuman dan racun jahat yang dapat mengganggu pencernaan yang sehat.

Perbedaan Makanan Halal dan Haram Menurut Syariat Islam

Tidak hanya mengatasi dehidrasi, yang merupakan faktor utama buang air besar yang buruk, mentimun juga mengandung banyak serat, dapat meningkatkan frekuensi buang air besar, juga mendorong pertumbuhan bakteri usus yang baik.

Kadar magnesium dan kalium dalam buah ini juga membantu menghilangkan masalah seperti retensi air, kembung, dan penyakit usus.

(lia/sumber:inews.id)

Keyword Mentimun