press enter to search

Jum'at, 22/01/2021 04:39 WIB

Ini 7 Tanaman Pengusir Nyamuk di Rumah

Dahlia | Sabtu, 09/01/2021 20:11 WIB
Ini 7 Tanaman Pengusir Nyamuk di Rumah

JAKARTA (aksi.id) - Musim hujan telah tiba, yang bisa meningkatkan risiko banyaknya nyamuk dan penyakit demam berdarah dengue (DBD). Oleh sebab itu, segera lakukan upaya pencegahan agar nyamuk tidak bersarang di rumah.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menanam atau menempatkan tanaman yang mampu mengusir nyamuk. Tanaman ini memiliki aroma alami yang khas dan dibenci nyamuk.

Anda bisa menanam tanaman-tanaman ini di halaman rumah atau menempatkannya di pot dan diletakkan di area rumah.

Dilansir dari Garden Design, Sabtu (9/1/2021), berikut beberapa tanaman yang mampu mengusir nyamuk di rumah.

1. Lavender

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa serangga atau hewan lain tidak pernah menghancurkan tanaman lavender? Itu karena aromanya yang harum, yang berasal dari minyak esensial yang ditemukan di daun tanaman ini.

Bahkan, minyak lavender dianggap menghalangi kemampuan nyamuk untuk mencium. Tanaman ini sangat tangguh dan tahan kekeringan setelah ditanam, dan hanya membutuhkan sinar matahari penuh dan drainase yang baik.

Meskipun dapat bertahan dalam banyak iklim, lavender tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.

2. Marigold

Marigold adalah bunga yang mudah tumbuh dan mengeluarkan bau yang bisa menghalangi nyamuk. Tanam marigold di dalam pot dan letakkan di dekat teras atau pintu masuk rumah Anda untuk mencegah masuknya serangga.

 

Marigold juga merupakan tanaman yang populer untuk halaman rumah dan kebun sayur. Menurut NYBG, marigold tidak hanya dapat mengusir nyamuk, tetapi juga mencegah kutu daun, lalat putih, kumbang kacang, serangga squash, dan cacing tanduk tomat.

 

3. Serai atau citronella

Dikenal karena baunya yang khas, serai adalah bahan alami yang paling umum digunakan untuk pengusir nyamuk. Faktanya, Kebun Raya Brooklyn merekomendasikan tanaman beraroma lemon seperti rumput serai untuk mencegah nyamuk.

Kabar baiknya adalah tanaman ini hidup paling efektif dalam mengusir hama. Saat membeli Citronella, pastikan Anda membeli Cybopogon nardus atau Citronella winterianus, yang merupakan varietas asli.

4. Rosemary

Pengusir nyamuk hebat lainnya adalah rosemary. Rosemary memiliki aroma khas yang membuat nyamuk, ngengat kubis dan lalat wortel pergi.

Mereka tumbuh paling baik di iklim panas dan kering dan tumbuh subur dalam pot. Rosemary juga dapat dipangkas menjadi segala macam bentuk dan ukuran, serta menjadi dekorasi yang bagus.

 

5. Basil atau kemangi

Kemangi adalah ramuan lain yang juga bisa berfungsi ganda sebagai pengusir hama. Bau tajam daun kemangi adalah yang membuat hama kabur.

Karena semua jenis kemangi berfungsi untuk mengusir lalat dan nyamuk, silakan menjelajahi dan menemukan jenis kemangi atau basil yang tepat untuk dicampur ke dalam taman Anda. Tanaman ini suka dijaga tetap lembab, membutuhkan drainase yang baik, dan menikmati banyak sinar matahari.

Anda bisa menanam kemangi dalam pot atau di taman, sendiri atau bersama bunga lainnya, selama kedua tanaman memenuhi persyaratan yang sama.

6. Geranium

Geranium merupakan tanaman pengusir nyamuk yang populer. Direkomendasikan oleh PlantShed, BBG, dan NYBG, aroma yang disukai tampaknya beraroma lemon, yang mengingatkan pada serai.

Aroma yang kuat menjauhkan beberapa jenis hama. Tanaman yang cepat tumbuh ini menyukai iklim yang hangat, cerah, dan kering.

 

7. Mint

Mint adalah pilihan tanama tidak beracun yang sangat baik untuk mengusir nyamuk, lalat, dan bahkan semut. Semakin menyengat aromanya, semakin sedikit serangga yang Anda temukan.

Tumbuhkan dalam pot di teras Anda di mana ia dapat dengan mudah dijangkau jika Anda ingin menambahkan satu atau dua helai daun saat minum teh sore. Anda bahkan dapat mengeringkan daunnya dan menggunakannya di dalam rumah sebagai metode pengendalian hama alami.

(lia/sumber:kompas.com)

Artikel Terkait :

-