press enter to search

Rabu, 20/01/2021 17:01 WIB

Potongan Tubuh Korban SJ-182 Teridentifikasi Atas Nama Okky Bisma, Kru Kabin Sriwijaya Air

Redaksi | Selasa, 12/01/2021 01:07 WIB
Potongan Tubuh Korban SJ-182 Teridentifikasi Atas Nama Okky Bisma, Kru Kabin Sriwijaya Air Konferensi Pers Kapus Inafis Polri Di RS Polri Kramat Jati (dok: google image)

JAKARTA (aksi.id) - Satu bagian tubuh jenazah yang ditemukan di Perairan Teluk Jakarta teridentifikasi atas nama Okky Bisma.

Okky Bisma merupakan salah satu korban Pesawat Sriwijaya SJ-182 yang hilang kontak pada Sabtu (9/1), pukul 14.40 WIB.

Okky adalah salah satu kru kabin yang saat kejadian sedang bertugas dalam Pesawat Sriwijaya tujuan Pontianak tersebut.

Dari 7 kantong mayat yang diterima DVI, 1 kantong mayat dengan label PMJ-SJ006 berisi tangan kanan lengkap dengan jarinya yang masih bagus, sudah teridentifikasi.

Dalam keterangan persnya, Senin sore (11/1), Brigjen Hudi Suryanto, Kapus Inafis Polri, menjelaskan "berdasarkan manifes dari maskapai dan kerjasama dengan stakeholder terkait terutama dengan Disdukcapil, kami mendapatkan data-data penumpang".

"Dari bagian tubuh yang ditemukan, kami mengidentifikasi jenazah menggunakan sidik jari," ujar Hudi.

"Ketika kami melakukan pengidentifikasian dengan menempelkan sidik jari dari jari jenazah ke alat kami, otomatis langsung terhubung dengan database yang ada di Disdukcapil, kami bisa mendapatkan beberapa identitas dengan kemiripan sidik jari," jelasnya.

Hudi menambahkan "dari beberapa nama yang keluar di database dengan kemiripan sidik jari, kami cocokkan dengan data manifes dan didapatkan nama yang sama antara database Disdukcapil dengan data manifes, atas nama Okky Bisma ada di nomor 4 daftar manifes".

"Sidik jari telunjuk kanan yang terekam dalam database Disdukcapil dan sampel sidik dari telunjuk kanan jenazah yang ditempelkan dengan alat kita, lalu kita bandingkan dan ada kesamaan, sidik jari tersebut terbukti identik," tambah Hudi.

Ada 12 titik kesamaan dari data yang diidentifikasi Inafis Polri dengan database Disdukcapil dan itu cukup untuk membuktikan bahwa orang ini adalah orang yang sama.

"Sehingga bisa diyakinkan dan tidak terbantahkan kalau data ini adalah data orang yang sama, potongan bagian tubuh jenazah tersebut atas nama Okky Bisma," tutup Hudi kepada tim media di RS Polri Kramat Jati.(Della)