press enter to search

Jum'at, 22/01/2021 03:49 WIB

Begini Bentuk Seat Social Distancing Ala Bus Raya

Dahlia | Rabu, 13/01/2021 21:16 WIB
Begini Bentuk Seat Social Distancing Ala Bus Raya Berbeda dari armada bus lainnya, konfigurasi seat bus Raya bersasis Mercedes-Benz OH 1626 memakai tipe 2-1.

JAKARTA (aksi.id) - Masih maraknya pandemi Covid-19, sejumlah perusahaan otobus (PO) mengkonfigurasi seat social distancing (jaga jarak). Salah satu PO yang menerapkan ini yakni PO Raya.

Operator ini  menerapkan kursi social distancing ini di salah satu bus kelas Super Top miliknya.

Namun, berbeda dari armada bus lainnya, konfigurasi seat bus bersasis Mercedes-Benz OH 1626 ini memakai tipe 2-1. Di antara seat model ganda, dipasang sekat sebagai pemisah keduanya. Sekat dipasang di tengah kursi bagian kanan yang dibuat untuk dua orang. 

Seat bus Raya bersasis Mercedes-Benz OH 1626 memakai tipe 2-1. Foto: BeitaTrans.com dan Aksi.id.

Bahan sekat yang digunakan terbuat dari mika bening terpasang pada rangka besi. Adanya sekat ini diharapkan dapat mengurangi penyebaran virus di antara penumpang bus. Seat yang digunakan pun kursi eks kelas bisnis dari salah satu maskapai ternama di Indonesia. 

“Kursi di kelas Super Top nya bus Raya memang pakai bekas kursi pesawat beneran. Bukan kursi modifan sendiri dari permintaan perusahaan. Makanya ini kursi berasa empuk, nyaman kaya naik pesawat. Bagasi di kabin dalamnya juga bentuknya kaya model pesawat. Ya naik bus rasa pesawat, ngga terbang tapi di jalan. Ya mudah-mudahan sih adanya sekat bisa mengurangi penyebaran virus diantara penumpang,” ujar Abadi, salah satu pengemudi bus Raya kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Selasa (12/1/2021).

Tarif tiket bus Raya kelas Super Top

Untuk harga tiket kelas Super Top saat ini dibanderol Rp350 ribu. Fasilitasnya berupa AC, toilet, selimut, snack dan air mineral serta servis sekali makan gratis.

Saat ini PO Raya hanya mengoperasikan dua kelas. Yakni kelas Super Top dan Junior Executive dengan tarif tiket Rp225 ribu untuk trayek Wonogiri-Solo- Jakarta.

Keyword Bus Raya