press enter to search

Jum'at, 22/01/2021 04:27 WIB

AS Wajibkan Pendatang Asing Bawa Surat Bebas Covid-19

Redaksi | Kamis, 14/01/2021 06:49 WIB
AS Wajibkan Pendatang Asing Bawa Surat Bebas Covid-19 Ilustrasi pusat informasi vaksin Covid-19 di Amerika Serikat. (AFP/LEILA MACOR)
Jakarta (Aksi.id)  -- Amerika Serikat kini mewajibkan para pendatang asing untuk memperlihatkan surat  hasil tes negatif virus Corona  (Covid-19), sebagai syarat untuk memasuki negaranya.

Pengumuman itu disampaikan pada Selasa (12/1) oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Dilansir Associated Press, langkah itu merupakan kebijakan terbaru yang diambil Negeri Paman Sam untuk mencegah pendatang membawa virus corona mutasi, di mana menurut para ilmuwan lebih mudah menular.

Langkah itu tak hanya berlaku bagi pelancong asing, tapi juga mencakup warga AS sendiri. CDC mengatakan aturan itu akan berlaku mulai 26 Januari.

Lebih lanjut, pembatasan baru mewajibkan penumpang pesawat memiliki hasil tes negatif covid-19 terhitung tiga hari sebelum penerbangan.

Pihak maskapai diperintahkan untuk tidak mengangkut penumpang apabila mereka tidak memiliki bukti hasil tes negatif Covid-19.

"Pengujian tidak menghilangkan semua risiko," kata Direktur CDC, Robert R. Redfield, dalam sebuah pernyataan.

"Tapi bila digabungkan dengan periode tinggal di rumah dan tindakan pencegahan sehari-hari seperti memakai masker dan menjaga jarak, ini dapat membuat perjalanan lebih aman, lebih sehat, dan lebih bertanggung jawab dengan mengurangi penyebaran di pesawat, bandara, dan di tempat tujuan," tambahnya.

Dekan Sekolah Kesehatan Masyarakat Brown University Ashish Jha menuturkan langkah yang diambil CDC adalah pendekatan yang masuk akal untuk mengurangi risiko varian baru Covid-19 di luar negeri, termasuk AS.  (ny/Sumber: CNNIndonesia)