press enter to search

Sabtu, 16/01/2021 19:51 WIB

Kabupaten Indramayu Menunggu Kiriman Vaksin dari Provinsi Sebanyak 4.960 Dosis

Redaksi | Kamis, 14/01/2021 18:46 WIB
Kabupaten Indramayu Menunggu Kiriman  Vaksin dari Provinsi Sebanyak 4.960 Dosis Juru Bicara Vaksinasi Tingkat Kabupaten Indramayu dr. Wawan Ridwan. (Taryani)

INDRAMAYU (Aksi.id) - Setelah Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonesia yang divaksin pada 13 Januari 2021, vaksinasi akan dilanjutkan di daerah. 

Juru Bicara Vaksinasi Tingkat Kabupaten Indramayu, dr. H. Wawan Ridwan, Kamis (14/01/2021) mengatakan, vaksinasi tingkat nasional dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2021, sedangkan vaksinasi di daerah dimulai tanggal 14 Januari 2021. “Untuk tahap pertama terbagi dalam 2 termin. Tahap pertama termin 1 adalah ibukota provinsi dan kabupaten / kota yang berbatasan dengan ibukota provinsi yang dilaksanakan pada bulan Januari 2021,” kata Wawan. 

Menurut Wawan, di Provinsi Jawa Barat ada 7 kabupaten / kota yang akan melaksanakan vaksinasi mulai 14 Januari 2021, yaitu Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung. 

Sedangkan pada tahap pertama termin 2, lanjut Wawan yang juga Kepala Bidang P2P Dinkes Kabupaten Indramayu, akan dilaksanakan vaksinasi di bulan Februari 2021. "Kabupaten Indramayu termasuk dalam tahap pertama termin 2 dan akan melaksanakan vaksinasi pada bulan Februari 2021," ujarnya. 

Menurut Wawan, rencana distribusi vaksin dari provinsi ke Kabupaten Indramayu antara tanggal 24-25 Januari 2021 dengan alokasi vaksin sebanyak 4.960 dosis. Untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap keamanan dan kehalalan vaksin, vaksinasi akan didahului dengan pemberian vaksin kepada sekitar 10 pejabat publik dan tokoh daerah dan tokoh masyarakat. 

"Vaksin ini aman dan halal. Sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI dan BPOM. Pada vaksinasi yang perdana, kami akan memvaksin terlebih dahulu pejabat publik dan tokoh masyarakat," jajarnya.  

Wawan menjelaskan, vaksin akan disimpan di Cold Room di gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu. Menjelang kedatangan vaksin, akan ada pengamanan dari Polres Indramayu, baik itu menjelang datangnya vaksin, maupun setelahnya. 

Ia menyebut untuk pemberian vaksin kepada bupati dan tokoh masyarakat akan dilaksanakan di Pendopo. “Setelah itu dilakukan vaksinasi kepada tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan vaksinator yaitu 49 Puskesmas, 10 Rumah Sakit, serta 2 klinik yaitu Klinik Kodim Indramayu dan Klinik Polres Indramayu. 

"Pada tahap pertama termin 2 ini, selain untuk 10 pimpinan dan tokoh daerah, pemberian vaksin akan dilaksanakan kepada tenaga kesehatan yang sudah terdaftar untuk vaksinasi di applasi P-Care BPJS,” pungkasnya. (Taryani)

Artikel Terkait :

-