press enter to search

Rabu, 03/03/2021 19:41 WIB

Kapal Patroli Trisula Laporkan Temuan Pakaian Penumpang dan Bagian Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Dahlia | Sabtu, 16/01/2021 22:51 WIB
Kapal Patroli Trisula Laporkan Temuan Pakaian Penumpang dan Bagian Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Rangkaian pelaporan hasil temuan KN Trisula

JAKARTA (aksi.id) - Salah satu kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) yakni KN Trisula P-111 lakukan serah terima objek hasil pencarian bagian dari pesawat dan tubuh korban dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 pada 9 Januari 2021. 

Komandan Kapal KN Trisula P-111 Capt. Eko Surya menyebutkan, objek temuan hasil pencarian berupa pakaian yang diduga merupakan milik penumpang pesawat.

“Pada hari ini tepatnya pukul 11.45 WIB kita menemukan beberapa potong baju kemungkinan itu dari korban Sriwijaya Air, kurang lebih berjumlah tujuh baju,” ujar Eko, di Dermaga JICT Priok, Sabtu (16/1/2021).

Pencarian dilakukan di sekitar lokasi jatuhnya pesawat yaitu di dekat Pulau Laki dan Pulau Lancang Kepulauan Seribu.

Prosesi serah terima tersebut juga dihadiri oleh anggota DPR RI Komisi V Sadarestuwati, Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut Andi Hartono, Kepala Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok Capt. Wisnu Handoko dan Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Capt. Mugen Sartoto serta Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok Capt. Pujo Kurnianto.

Kapal Trisula KPLP menyerahkan hasil temuan obyek pencarian berupa tujuh potong pakaian daster korban ke Posko Terpadu JICT 2, Sabtu (16/1/2021) pukul 15.05 diterima SMC, Brigjen (TNI) Rasman MS.

Untuk selanjutnya, hasil temuan tersebut akan diserahkan kepada Tim DVI atau KNKT untuk proses lebih lanjut.

Dalam kesempatan serupa, Anggota DPR Komisi V Sadarestuwati mengapresiasi kinerja semua pihak yang telah bekerja keras melakukan evakuasi dan pencarian.

“Terima kasih juga kepada seluruh teman-teman dari Basarnas, dari perhubungan dan dari BMKG dan semuanya saja yang sudah bergerak bersama-sama untuk melakukan tugas kemanusiaan untuk melakukan kegiatan pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan pesawat Sriwijaya Air,” ujar SSadarestuwati.

Melihat kerja kawan-kawan semuanya kata dia, komisi V akan berusaha membantu mitra karena sudah melihat dari dekat bagaimana kerja keras yang dilakukan ketika terjadi sebuah kecelakaan seperti ini.

Selain itu, dia juga mengungkapkan harapannya agar semua pihak dapat memberikan dukungan untuk para personel maupun relawan yang saat ini tengah melakukan proses pencarian.

“Mari kita support (dukung) seluruh rekan-rekan kita yang sedang bertugas agar bisa melaksanakannya dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut mendoakan seluruh korban beserta keluarga yang ditinggalkan agar diberi kesabaran dan keikhlasan.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengerahkan delapan kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) untuk membantu pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta - Pontianak yang dilaporkan hilang kontak, Sabtu (9/1/2021).

Kedelapan kapal tersebut lima unit diantaranya merupakan armada Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok.

Di antaranya KN. Trisula P-111 yang saat ini sudah berada di wilayah perairan Kepulauan Seribu, KN. Alugara P-114, KN. Celurit P-203, KN. Belati P. 205. Selain itu, RIB SAR PLP Tanjung Priok dan Kapal Patroli KSOP Sunda Kelapa juga disiagakan.

Hadir di demaga JICT mewakili Direktur KPLP, Kasubdit Penanggulangan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air Dit KPLP, Een Nuraini serta Kasubdit Sarana dan Prasarana Dit KPLP, Anwaruddin.(omy)