press enter to search

Senin, 08/03/2021 06:40 WIB

Vaksin Covid-19 Sinopharm Diklaim Aman Bagi Anak 3-17 Tahun

Dahlia | Senin, 18/01/2021 19:00 WIB
Vaksin Covid-19 Sinopharm Diklaim Aman Bagi Anak 3-17 Tahun Foto: ilustrasi

Jakarta (aksi.id) - Vaksin Covid-19 yang dibuat China National Biotec Group (CNBG), anak perusahaan Sinopharm diklaim aman untuk anak-anak dan remaja. Menurut hasil uji klinis terbaru, vaksin Sinopharm diklaim aman untuk disuntikkan pada anak berusia 3-17 tahun.

"Anak-anak berusia tiga sampai lima tahun, karena sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang, mereka harus diawasi secara cermat dan ketat selama vaksinasi," ujar Direktur CNBG, Yang Xiaoming mengutip Reuters Senin (18/1).

Yang berharap pemerintah China segera menyetujui vaksin Sinopharm tersebut agar bisa disuntikkan sebelum Maret 2021. Selain itu, Yang mengatakan CNBG masih memiliki dua vaksin Covid-19 yang masih dalam uji klinis fase 3.

Kedua kandidat vaksin itu telah mendapat izin penggunaan darurat dan telah diberikan secara terbatas kepada kelompok berisiko tinggi tertular virus corona.

Satu kandidat vaksin Sinovac Biotech juga telah mendapat izin penggunaan darurat oleh regulator China.

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh unit CNBG di Beijing merupakan vaksin virus SARS-CoV-2 pertama di China yang mendapat izin untuk diberikan kepada masyarakat umum sejak akhir Desember 2020.

Institut Produk Biologi Beijing, yang berada di bawah naungan CNBG menyatakan bahwa vaksin CNBG yang mendapat izin penggunaan untuk publik memiliki keampuhan atau efektivitas 79,3 persen melawan Covid-19.

Namun sejauh ini, CNBG belum merilis data resmi soal angka kemanjuran vaksin buatannya.

Program vaksinasi Covid-19 di China sendiri telah dimulai sejak Juli 2020 untuk penggunaan darurat, yang kemudian diperluas ke kelompok prioritas pada Desember 2020.

Namun saat ini vaksinasi belum mencakup mereka yang berusia di bawah 18 tahun dan di atas 59 tahun karena data klinis yang belum mencukupi.

Sementara itu, kandidat vaksin Sinovac dan CanSino Biologics juga tengah diuji coba pada anak-anak dan remaja. Untuk vaksin buatan Amerika Serikat Pfizer dan Moderna, juga memasukkan anak-anak atau remaja berusia 12 tahun dalam uji klinis Covid-19 mereka. (lia/sumber:cnnindonesia.com)

Artikel Terkait :

-