press enter to search

Jum'at, 19/04/2024 17:45 WIB

Pabrik Indofood di Tangerang Kebakaran

Redaksi | Senin, 08/02/2021 20:38 WIB
Pabrik Indofood di Tangerang Kebakaran Ilustrasi.

TANGERANG (Aksi.id) - Kebakaran melanda Pabrik PT Indofood yang berlokasi di Jalan Raya Serang-Bitung, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten pada Senin (8/2). Kebakaran terjadi sekitar pukul 14:00 WIB dan tak ada korban jiwa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Kosrudin mengatakan bagian gedung yang terbakar merupakan pabrik yang membuat bungkus atau kemasan.

"Di situ pabrik untuk pembungkus indomienya gitu, pabrik kemasan Indofood," kata Kosrudin kepada wartawan, Senin (8/2).

Kosrudin mengungkapkan di bangunan pabrik itu terdapat bahan kimia yang mudah terbakar. Seperti tiner hingga cat.

Kebakaran terjadi saat para pegawai sedang bekerja. Mereka kemudian melihat api muncul di bagian ruang penyimpanan barang.

"Mereka (pekerja) sudah lihat api saja di belakang, karena itu tadi itu penyimpanan barang, jadi enggak ada karyawan kerja di bagian itu," ujarnya.

Proses pemadaman, kata Kosrudin, memakan waktu sekitar satu jam. Ada empat unit mobil damkar dan 20 personel yang dikerahkan.

Selama proses pemadaman, petugas juga mesti menggunakan busa untuk bisa menjinakan si jago merah.

"Agak sulit dipadamkannya, agak sulit, karena dia kalau pakai air saja itu bisa merambat ke mana-mana, makanya tadi kita campur dengan busa," ucap Kosrudin.

Namun, pabrik tersebut memiliki alat pemadam api ringan (apar) dan punya proteksi pemadaman yang bagus. Sehingga, membantu petugas selama proses pemadaman.

"Dia punya aparnya jalan, dia punya semacam penampungan air ada semua, kita enak kalau seperti itu, kemudian karyawannya juga sudah dilatih juga gitu, jadi bisa bantu kita," tuturnya.

Kosrudin memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kerugian materiil akibat kebakaran ini ditaksir sekitar Rp1 miliar.

"(Korban) enggak ada," kata Kosrudin. (ds/sumber CNNIndonesia.com)

Artikel Terkait :

-