press enter to search

Jum'at, 05/03/2021 04:40 WIB

Ditjen Hubdat Serahkan Retro Reflector Meter dan Sarana Keselamatan ke BPTD, Kepolisian, dan BPLJSKB

Dahlia | Rabu, 17/02/2021 22:25 WIB
Ditjen Hubdat Serahkan Retro Reflector Meter dan Sarana Keselamatan ke BPTD, Kepolisian, dan BPLJSKB Kendaraan transportasi darat

BEKASI (aksi.id) - Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyerahkan secara simbolis Retro Reflector Meter Kendaraan Uji Keliling, dan Kendaraan Operasional untuk Peningkatan Pelayanan Bidang Sarana di Bekasi, Rabu (17/2/2021).

Direktur Sarana Transportasi Jalan, M. Risal Wasal mengatakan, Retro Reflector Meter adalah alat yang bertujuan untuk membantu memastikan Alat Pemantul Cahaya yang terpasang pada kendaraan sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat. 

"Adapun pada hari ini sebanyak 26 unit Retro Reflector Meter diserahkan kepada BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat), Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), dan Kepolisian," tutur Risal.

 

Selain itu juga dilakukan penyerahan Unit Pemeriksa Laik Fungsi Kendaraan Bermotor Non Statis atau disebut dengan Kendaraan Uji Keliling sebanyak lima unit kepada BPTD Wilayah XIII Provinsi NTT, BPTD Wilayah XIV Provinsi Kalimantan Barat, BPTD Wilayah XX Provinsi Sulawesi Tengah, BPTD Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara, dan BPTD Wilayah XXV Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat;

"Serta penyerahan sebanyak 30 unit Kendaraan Operasional untuk peningkatan pelayanan bidang sarana kepada BPTD dan BPLJSKB," ucap Risal.

Adapun kegiatan lainnya yang dilakukan dalam rangkain kegiatan hari ini yakni Capacity Building_yang dilaksanakan selama dua hari sejak Selasa dengan memberikan materi tentang pelatihan Kendaraan Peningkatan Pelayanan Bidang Sarana (Kendaraan Uji Keliling) dan penggunaan e-BLU Reader . 

Selanjutnya pada hari ini dilanjutkan dengan Capacity Building Safety Driving Kendaraan Listrik sebagai komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Risal mengatakan, pada kesempatan yang baik ini juga akan dilakukan sosialisasi peraturan alat pemantul cahaya, yang dilanjutkan dengan Demo Penggunaan alat uji alat pemantul cahaya serta coaching clinic safety driving kendaraan listrik.

Dengan adanya kegiatan ini, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi berharap, masyarakat dapat memanfaatkan berbagai kemudahan pelayanan dan semua pihak yang berkontribusi di dalamnya dapat terus berinovasi dengan memanfaatkan kemajuan-kemajuan Bidang Teknologi Informasi agar bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Indonesia yang tercinta ini.

"Tidak lupa juga saya mengimbau kepada para Kepala BPTD dan jajarannya untuk segera menindaklanjutinya dan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan setempat untuk segara mengoperasikan seperti Kendaraan Uji Keliling yang diberikan untuk meningkatkan kinerja dan keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan," tegas Dirjen Budi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Popik Montanasyah, Para Kepala BPTD se-Indonesia, Kepala BPLJSKB, Yusuf Nugroho, Direktur Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD), Hindro Surahmat, dan Perwakilan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, Abdul Haris Firmansyah. (omy)