press enter to search

Sabtu, 10/04/2021 18:51 WIB

Setelah 30 Tahun, Arab Buka Pendaftaran untuk Tentara Perempuan

Dahlia | Minggu, 21/02/2021 20:48 WIB
Setelah 30 Tahun, Arab Buka Pendaftaran untuk Tentara Perempuan

Jakarta (aksi.id) - Kementerian Pertahanan Saudi membuka kesempatan bagi perempuan untuk bergabung dengan angkatan bersenjata Arab Saudi, mulai dari untuk pangkat prajurit hingga sersan. Hal ini dinilai cukup penting bagi Arab Saudi.

"Menurut pendapat pribadi saya, sangat penting bagi wanita untuk berada di militer, di mana mereka dapat memiliki peran aktif dalam masyarakat konservatif kita," Ujar Rahma Al-Khayri, seorang spesialis teknologi informasi dikutip dari Arab News, Minggu (21/2).

Selain itu, hal ini juga dinilai sebagai langkah besar dalam melibatkan wanita di berbagai sektor. Spesialis sistem operasi, Halah Al-Ynabawi, mengatakan negara-negara Arab yang mengizinkan perempuan masuk militer telah menjadi topik kontroversial selama 30 tahun terakhir.

"Tapi hari ini, dengan visi Raja Salman, dia telah memainkan peran besar dengan melibatkan perempuan di semua bidang - pemerintah dan sekarang militer," katanya.

Dilansir dari Arab News, Ada berbagai jalur militer yang ditawarkan mulai dari Angkatan Darat Arab Saudi, Pertahanan Udara Kerajaan Saudi, Angkatan Laut Kerajaan Saudi, Pasukan Rudal Strategis Kerajaan Saudi, hingga Layanan Medis Angkatan Bersenjata.

Semua pelamar wanita harus lulus prosedur penerimaan, sesuai dengan kondisi yang ditentukan, seperti tidak memiliki catatan kriminal dan sehat secara medis.

Menurut kementerian pertahanan Arab Saudi, untuk bergabung dengan angkatan bersenjata ada berbagai kriteria yang ditambahkan untuk pelamar wanita, diantaranya berusia antara 21 hingga 40 tahun, tinggi 155 cm atau lebih, dan tidak boleh menjadi pegawai pemerintah.

Selain itu, pelamar juga harus memiliki kartu identitas nasional independen, memiliki tingkat pendidikan sekolah menengah, dan bagi pendaftar yang menikah dengan warga negara non-Saudi tidak akan diterima. (lia/sumber:cnbcindonesia.com)