press enter to search

Jum'at, 05/03/2021 04:15 WIB

Pesawat Lion Air Gagal Lepas Landas dari Bandara Sepinggan Balikpapan

Dahlia | Selasa, 23/02/2021 14:11 WIB
Pesawat Lion Air Gagal Lepas Landas dari Bandara Sepinggan Balikpapan

BALIKPAPAN (aksi.id) - Pesawat Lion Air dilaporkan gagal lepas landas dari Bandara Sepinggan, Balikpapan pada Ahad, 21 Februari 2021.

Pesawat milik maskapai penerbangan Lion Air tersebut diketahui hendak mengudara ke Surabaya.

Akibatnya, penerbangan pesawat model Boeing 737-900ER PK-LHM menuju Kota Pahlawan itu dibatalkan.

Mulanya, pesawat Lion Ai tujuan Surabaya ini siap lepas landas pada pukul 14.40 Wita.

Namun kecepatan pesawat dengan kode penerbangan JT-261 itu berkurang hingga pilot memutuskan untuk berhenti di ujung landasan pacu.

Humas Lion Air Danang Prihantoro melalui siaran pers resmi mengatakan, pilot sudah mengidentifikasi ada indikator di kokpit yang menunjukkan ada komponen mesin yang diperiksa.

"Pilot mengidentifikasi ada indikator di kokpit yang menunjukkan ada komponen mesin yang perlu pengecekan lebih lanjut dan memutuskan batal terbang," katanya, Senin (22/2/2021).

Dalam keterangan tersebut, Danang menyebutkan `kecepatan mesin rendah` sebagai penyebab pilot memutuskan membatalkan lepas landas. Karena itu pesawat pun berhenti dan kembali ke apron.

Para penumpang yang berjumlah 73 orang penumpang dewasa dan 2 anak-anak, termasuk 7 awak pesawat, pun kembali ke terminal.

"Tidak ada yang mengalami cedera. Semua selamat," kata Danang.

Atas kejadian itu, Lion Air minta maaf. Untuk menerbangkan penumpang ke Surabaya kemudian dikirim PK-LJV dari Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan 16.35 Wita dan tiba di Surabaya pukul 17.10 WIB.

"Tapi kami mempersilakan bila ada penumpang yang ingin refund atau uang tiketnya dikembalikan atau mengubah jadwal keberangkatan, dalam hal ini bukan pada pukul 16.35," ucapnya.

Saat ini, teknisi masih menjalankan pemeriksaan atas Boeing 737-900ER PK-LHM sementara diketahui semua penumpangnya kemudian sudah selamat tiba di Surabaya dengan PK-LJV.

Di sisi lain, Danang menegaskan bahwa JT-261 tujuan Surabaya tersebut dalam kondisi baik. Semua standar operasional telah dijalankan sebelum pesawat lepas landas.

"Pesawat dinyatakan laik terbang," ujarnya.

Selain dari latihan resmi menghadapi keadaan darurat, kejadian terakhir yang dialami pesawat Lion Air di Bandara Sepinggan adalah di tahun 2011.

Pada tanggal 23 Oktober 2011, yang juga hari Ahad, pesawat yang baru mendarat terperosok rodanya di aspal lunak di ujung landasan.

Saat itu cuaca hujan dan angin melanda Balikpapan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. (Fh/sumber:pikiranrakyatbekasi.com)