press enter to search

Jum'at, 05/03/2021 04:08 WIB

Bupati dan Baznas Kabupaten Cirebon Salurkan Bantuan Rutilahu

Taryani | Selasa, 23/02/2021 14:56 WIB
Bupati dan Baznas Kabupaten Cirebon Salurkan Bantuan Rutilahu Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag. (Ist.)

CIREBON (Aksi.id) - Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag bekerja sama dengan Baznas Kabupaten Cirebon menyalurkan bantuan rutilahu untuk masyarakat di Pendopo di Jalan Kartini, Selasa  (23/2/2021).

   Selain rutilahu, Baznas juga memberikan bantuan rehab untuk mushola, masjid serta memberikan kursi roda dan beras kepada warga yang membutuhkan.

   Imron menjelaskan, masih ada belasan ribu rutilahu yang ada di Kabupaten Cirebon yang masih belum mendapatkan bantuan. Dengan angka tersebut Pemkab Cirebon belum bisa membantu secara total sehingga menggandeng Baznas.

    Melalui kerja sama dengan Baznas proses tidak terlalu ribet dan tidak menyalahi aturan. Pihaknya mengajak masyarakat ikut andil membantu warga yang membutuhkan. Karena kalau dari Pemkab Cirebon atau Provinsi Jabar prosesnya lumayan panjang.

   Dikatakan, selama ini Pemkab Cirebon sangat terbantu Baznas. Baznas bisa ikut andil mengatasi masalah ekonomi di masyarakat.

   Baznas selain memberikan bantuan rutilahu juga membantu warga  yang tak punya biaya berobat ke rumah sakit. Baznas setiap bulan memberikan bantuan kepada warga yang kesusahan dan terkena bencana.

   “Hari ini ada perwakilan 65 orang korban banjir yang mendapatkan bantuan beras dari baznas,” katanya.

    Komisioner Bidang Pengumpulan dan Pelaporan Baznas Kabupaten Cirebon, KH Ahmad Zaeni Dahlan mengatakan, Baznas Kabupaten Cirebon pada tahun 2021 ini telah menganggarkan Rp 3 miliar untuk bantuan rutilahu.

   “Pada tahun 2020  kita sudah menyelesaikan rutilahu sebanyak 220 unit. Ini melebihi target 190 unit,” katanya.

   Ahmad menjelaskan, pada awal 2021 ini pihaknya memberikan bantuan rutilahu untuk wilayah Kecamatan Plered. Ada tiga desa yang mendapatkan rutilahu dan total anggaran Rp. 570 juta untuk 14 rumah.

   Ia menuturkan, saat ini Baznas Kabupaten Cirebon sedang menggalakan program bary yakni bedah rumah yang benar tidak layak untuk dihuni. Bedah rumah yang sudah jadi di Desa Lungbenda dan satunya sedang proses pembuatan rumah. Sedangkan untuk anggaran bedah rumah, Baznas membuat rumah tipe 21 dan 36,” ujar Ahmad. (Taryani)

Artikel Terkait :

-