press enter to search

Minggu, 11/04/2021 11:17 WIB

Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap Kelima Sebanyak 10 Juta Dosis Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Dahlia | Rabu, 03/03/2021 10:42 WIB
Vaksin Covid-19 Sinovac Tahap Kelima Sebanyak 10 Juta Dosis Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Ketibaan vaksin Sinovac di Bandara Soekano-Hatta

TANGERANG (aksi.id) - Wakil Menteri Kesehatan RI, dr. Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD menerima secara langsung kedatangan Vaksin Covid-19 tahap kelima dari Sinovac sebanyak 10 juta vaksin dalam bentuk bulk atau bahan baku.

Vaksin dalam lima envirotrainer ini dibawa dengan pesawat Garuda Indonesia GA891 dan tiba di Cengkareng, Selasa (2/3/2021) pukul 12:30 WIB, 

Selanjutnya vaksin tersebut akan dibawa dengan dua unit truk ke Bio Farma di Bandung. 

dr. Dante menyebutkan, 10 juta dosis vaksin Covid-19 selanjutnya akan diproduksi oleh PT Bio Farma dan diperkirakan menghasilkan delapan juta dosis vaksin jadi.

"Ini diperuntukkan bagi petugas layanan publik dan masyarakat lanjut usia (lansia)," jelas dr. Dante dikutip dari laman kemenkes.go.id.

Tercatat dengan kehadiran 10 juta vaksin ini, maka total vaksin dari Sinovac yang telah di terima menjadi 38 juta vaksin.

"10 juta vaksin yang datang hari ini akan kita pergunakan untuk program vaksinasi pemerintah tahap kedua untuk petugas layanan publik dan kelompok masyarakat lanjut usia 60 tahun ke atas" tuturnya.

Kedatangan vaksin ini menjadi berita baik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Datangnya vaksin ini mampu mempercepat proses vaksinasi Covid-19 di Tanah Air.

Dia juga berharap, segala upaya yang kita lakukan, didukung seluruh elemen masyarakat, dapat mempercepat program vaksinasi dan segera membawa keluar dari pandemi ini.

Ke depan pemerintah masih akan terus menerima vaksin dari Sinovac hingga jumlahnya mencapai 185 juta dosis.

Selain dari Sinovac, dr. Dante menyebut bahwa pemerintah sudah mengamankan tiga vaksin lain dari negara produsennya, yaitu : AstraZeneca dari Inggris, Pfizer dari Jerman-Amerika, dan Novavax Amerika. 

Keempat vaksin ini akan dipergunakan untuk program vaksinasi pemerintah.

"Kesemua vaksin tersebut akan memenuhi kebutuhan vaksinasi seluruh masyarakat Indonesia sebanyak 186 juta penduduk Indonesia," imbuh dia.

Selanjutnya dr. Dante mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, baik yang sudah maupun belum divaksinasi, karena protokol kesehatan ini akan melindungi kita dan orang sekitar dari penularan Covid-19. (omy)