press enter to search

Minggu, 11/04/2021 10:33 WIB

Gempa 7,3 Magnitudo Guncang Selandia Baru: Peringatan Tsunami Dikeluarkan

Redaksi | Kamis, 04/03/2021 22:17 WIB
Gempa 7,3 Magnitudo Guncang Selandia Baru: Peringatan Tsunami Dikeluarkan Selandia Baru.

JAKARTA (Aksi.id) - Gempa bumi berkekuatan 7,3 magnitudo mengguncang pantai utara Selandia Baru. Pusat Seismologi Eropa-Mediterania atau EMSC kemudian mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami dan meminta masyarakat mengungsi ke tempat tinggi.

Dikutip dari express, Kamis (4/3), salah satu warga yang tinggal di pinggiran Lower Hutt mengatakan guncangan gempa terasa cukup keras.
"Guncangan terus bergulir selama beberapa saat dan membangunkan kami," ucap dia.

Sementara Badan Pertahanan Sipil Selandia Baru dan Badan Manajemen Darurat Nasional telah mengeluarkan peringatan dan meminta masyarakat yang tinggal di pesisir agar pindah ke tempat yang lebih tinggi.

"Kami sedang memantau apakah gempa 7,3 M di Pulau Utara Selandia Baru pada 2021-03-05 pukul 2:27 AM telah menciptakan tsunami yang dapat mempengaruhi Selandia Baru," tulis pernyataan mereka.

"Kami akan memberikan update segera setelah penilaian awal selesai. Siapa pun yang berada di dekat pantai yang merasakan gempa panjang atau kuat harus segera ke tempat tinggi terdekat atau sejauh mungkin ke pedalaman," tambah mereka.

Hingga berita ini dibuat, belum diketahui apakah ada kerusakan akibat gempa itu. Termasuk korban jiwa. (ds/sumber Kumparan.com)

Keyword Selandia Baru