press enter to search

Selasa, 20/04/2021 18:08 WIB

Kepala KSOP Marunda dan Pengguna Jasa Resmikan Mushola Isa Al Adiyat

Ahmad Bashori | Senin, 29/03/2021 15:52 WIB
Kepala KSOP Marunda dan Pengguna Jasa Resmikan Mushola Isa Al Adiyat Mushala Isa Al`Adiyat di Kantor KSOP Marunda Jakarta Utara

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marunda meresmikan pemanfaatan Mushola Isa Al `Adiyat yang berada di kawasan kantor KSOP tersebut.

Musholah Isa Al `Adiyat ini merupakan hasil swadaya keluarga besar pengguna jasa Pelabuhan Marunda yang diinisiasi PPOP (Paguyuban Petugas Operasional Pelayaran ) Marunda dan mendapat dukungan pihak KSOP Marunda.

Hadir dalam peresmian itu Kepala KSOP Marunda, Capt. Isa Amsyari M. M.Tr, M. Mar. dan jajarannya serta pengguna jasa. Selain itu juga hadir Habib Yahya dari Jakarta Pusat  yang memberikan tausyiah.

Prosesi peresmian dimulai usai sholat Maghrib  dengan membaca zikir dan sholawat berkaitan dengan Nisfu Sya`ban ( pertengahan bulan Sya`ban).

Capt. Isa Amsyari M.Mar dalam sambutan  peresmian menyatakan, sebagai regulator menyambut baik adanya sarana ibadah yang bisa dimanfaatkan para pengguna jasa

" Setelah mushola berdiri, maka  menjadi kewajiban kita semua untuk memakmurkannya dengan kegiatan ibadah, bukan hanya semaraknya ketika membangun atau mendirikan," pesan Capt. Isa Amsyari M. Mar.

Ketika ditemui seusai peresmian, Capt Isa Amsyari menyatakan, pendirian mushola berawal adanya keinginan pengguna jasa yang biasa mengurus dokumen di KSOP Marunda agar tersedia sarana ibadah seperti mushola. Tujuan pendirian mushola agar pera pengguna jasa yang sedang menunggu pengurusan  dokumen bisa beribadah ketika datang waktu sholat. Atas keinginan para pengguna jasa, pihaknya menyambut baik dan mendukung.

Mushola Isa Al`Adiyat di kawasan Kantor KSOP Marunda saat masih dalam proses pembangunan (fotodok:BeritaTrans.com dan aksi.id/ahmad)

"Maka pada tanggal 17 Pebruari lalu disepekati meletakan batu pertama pendirian dan saat ini selesai pembangunannya dan bisa dimanfaatkan," kata Cat Isa Amsyari mantan pengajar BP2IP Mauk, Tangerang, yang kini bernama PIP (Politeknik Ilmu Pelayaran ) Banten.

Mewakili pengguna jasa, yang juga pengurus PPOP Pelabuhan Marunda, Lande Nasution menyatakan, dasar pendirian agar para teman-teman pengguna jasa yang sedang mengurus dokumen di Kantor KSOP Marunda  pada saat masuk waktu ibadah sholat  bisa dekat dengat Mushola.

"Selama ini kalo pas waktu sholat tiba, tapi masih menunggu dokumen kami lumayan jauh untuk menuju masjid yang ada di kawasan KBN. Namun dengan adanya mushola yang selesai dibangun ini, maka kami jadi lebih dekat untuk sholat dan tenang menunggu layanan dokumen," kata Lande Nasution yang hadir dalam peresmian Mushola Isa Al ` Adiyat.

Lande juga menyatakan, ada dua fungsi dari mushola yang kami bangun bersama secara swadaya. Pertama untuk ibadah, kedua sebagai tempat istirahat, karena ada teras untuk teman istirahat.

"Bagi teman-teman  yang masih nunggu dokumen ketika ngurusnya malam bisa istirahat  ketimbang harus pulang jika rumahnya jauh," kata Lande Nasution.

Pengguna jasa lainnya, Tahir A dari perusahaan pelayaran PT Berlian Pulau  Mandangin menyatakan sangat bersyukur adanya musholah dan ruangan bagi PPOP (Paguyuban Operasional ) dapat menunjukan adanya kekeluargaan masyarakat Pelabuhan Marunda .

"Buat yang akan ibadah bisa tersedia sarananya, dan yang mau istirahat saja  juga bisa karena ada terasnya," tuturnya.(ahmad)