press enter to search

Selasa, 20/04/2021 16:29 WIB

Mendikbud: Program Belajar dari Rumah Tetap Ada untuk PAUD dan SD

Redaksi | Rabu, 31/03/2021 12:55 WIB
Mendikbud: Program Belajar dari Rumah Tetap Ada untuk PAUD dan SD Mendikbud Nadiem Makarim.


JAKARTA (Aksi.id) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memastikan, program belajar dari rumah tetap ada untuk memfasilitasi anak jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) agar bisa belajar di rumah.

Program akan disiarkan oleh TV Edukasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 1 April 2021. Sebelumnya, program ini tayang di TVRI, namun kini dialihkan. Dua belas mitra TV Edukasi menyatakan komitmennya mendukung kesuksesan program Belajar dari Rumah.

“Hal ini menunjukkan komitmen bahwa dalam masa yang sulit ini kementerian melakukan berbagai macam cara untuk memastikan adanya pembelajaran dari rumah. Salah satunya melalui media televisi, karena itulah program Belajar Dari Rumah ini hadir,” ujar Nadiem dalam keterangan tulis, Rabu (31/3).

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusdatin Kemendikbud, Muhamad Hasan Chabibie mengatakan, Program Belajar dari Rumah yang tayang melalui TVRI sejak 12 April 2020 telah sukses dijalankan.

Berdasarkan hasil evaluasi berkala terhadap pemirsa program Belajar dari Rumah, kini program Belajar dari Rumah berpindah tayang ke TV Edukasi mulai 1 April 2021.

Sebagai informasi, TV Edukasi sudah memulai tahap transisi siaran program Belajar dari Rumah di TV Edukasi sejak 16 Maret 2021 lalu. 12 Mitra TV Edukasi yang mengaku siap berkomitmen pada program Belajar dari Rumah sebagai kontribusi membangun pendidikan yang baik bagi anak Indonesia.

Sejumlah mitra ini terdiri dari TV lokal, jaringan, video-on-demand (VoD) ataupun over-the-top (OTT). Pusdatin juga telah mengembangkan beragam konten TV Edukasi dengan berbagai format sajian.

Mitra TV Edukasi menyatakan komitmen dan siap mendukung serta menyebarluaskan program Belajar dari Rumah melalui siaran di media yang mereka miliki. Mereka terdiri dari beragam platform seperti Over The Top (OTT), kabel dan jaringan hingga TV lokal.

Mitra TV Edukasi tersebut antara lain: Vidio, Life Media, DAAI TV, TVKU Semarang, Batik TV Pekalongan, RUAI TV Pontianak, Ratih TV Kebumen dan Efarina TV di Sumatera Utara, UseeTV, XL Home, dan Telkom Maxstream.

“Kini saatnya kita bersama-sama bergandengan tangan untuk memberikan masa depan yang baik untuk peserta didik di Indonesia. Ini adalah momentum bagi TV Edukasi dan mitra untuk bergandengan tangan memberi kesempatan kepada anak bangsa khususnya jenjang PAUD hingga Sekolah Dasar agar dapat belajar melalui sumber pembelajaran alternatif yang bermanfaat,” tutur Hasan Chabibie.

Jadwal

Berikut jadwal tayang siaran Belajar dari Rumah di TV Edukasi yang berlangsung mulai jam 08.00 – 11.30 WIB dan tayang ulang jam 15.00 – 18.30 WIB untuk jenjang PAUD, serta SD kelas 1 sampai dengan kelas
6.

PAUD 08.00 WIB dan 18.00 WIB (Tayang Ulang)

Sekolah Dasar kelas 1 08.30 WIB dan 17.30 WIB (Tayang Ulang)

Sekolah Dasar kelas 2 09.00 WIB dan 17.00 WIB (Tayang Ulang)

Sekolah Dasar kelas 3 09.30 WIB dan 16.30 WIB (Tayang Ulang)

Sekolah Dasar kelas 4 10.00 WIB dan 16.00 WIB (Tayang Ulang)

Sekolah Dasar kelas 5 10.30 WIB dan 15.30 WIB (Tayang Ulang)

Sekolah Dasar kelas 6 11.00 WIB dan 15.00 WIB (Tayang Ulang).

(ds/sumber Liputan6.com/Merdeka.com)