press enter to search

Selasa, 20/04/2021 17:36 WIB

Bukan Pupuk & Bibit, Ini Rahasia Tanaman Hias Tumbuh Subur

Redaksi | Minggu, 04/04/2021 06:47 WIB
Bukan Pupuk & Bibit, Ini Rahasia Tanaman Hias Tumbuh Subur

Jakarta (aksi.id)  - Selama masa pandemi Covid-19, mulai muncul hobi baru salah satunya adalah merawat beraneka tanaman hias. Merawat tanaman in tentunya membutuhkan perlakuan khusus untuk memastikan tanaman bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Namun, ternyata selain memastikan tanaman terhidrasi dan ternutrisi dengan baik, mengajak tanaman berbincang juga menjadi salah satu cara untuk membuat tanaman tumbuh dengan indah.

Dilansir dari The Spruce, peneliti menemukan bahwa berbicara dengan tanaman membuat tanaman bisa tumbuh lebih cepat. Terutama tanaman ini mendengar suara wanita, dibanding dengan suara pria

Hal ini ditemukan dalam studi yang dilakukan oleh Royal Horticultural Society. Penelitian tersebut dilakukan dalam waktu satu bulan dengan bekerja sama dengan 10 pria dan wanita yang membacakan karya sastra atau ilmiah kepada tanaman.

Pembacaan ini dilakukan menggunakan satu set headphone yang melekat pada setiap pot tanaman tomat. Variasi tomat yang sama digunakan, tanah yang sama, cara perawatan yang sama dan lain sebagainya.

Monstera obliqua. (Dok: Istimewa)Foto: Monstera obliqua. (Dok: Istimewa)

Mereka juga memasukkan dua tanaman yang tidak diteliti sebagai kontrol.

Setelah penelitian berakhir, ditemukan bahwa tanaman yang dibacakan oleh wanita tumbuh lebih tinggi dibanding dengan tanaman yang dibacakan oleh pria.

"Tomat pemenang secara keseluruhan mendengarkan Sarah Darwin, cicit dari Charles Darwin. Tanamannya tumbuh sekitar dua inci lebih tinggi dari yang lain," tulis laman tersebut, dikutip CNBC Indonesia, Sabtu (3/4/2021).

Sarah dalam keterangannya mengatakan bahwa dia membacakan buku On the Origin of Species, tulisan Charles Darwin kepada tanaman tomatnya.

"Saya tidak yakin apakah itu nada dulcet saya atau bacaan dari On the Origin of Species yang membuat tanaman duduk dan mendengarkan, tetapi bagaimanapun saya pikir itu sangat menyenangkan dan saya bangga dengan gelar baru saya," kata dia.

Studi lainnya saat ini yang dilakukan adalah meneliti apakah tanaman memberikan respon kepada pujian atau penghinaan.  (ny/Sumber: CNBCIndonesia)