press enter to search

Kamis, 23/05/2024 11:14 WIB

Cakep! Angkasa Pura II Mulai Siapkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Sambut FIFA U-20 World Cup 2021

Dahlia | Sabtu, 05/12/2020 18:55 WIB
Cakep! Angkasa Pura II Mulai Siapkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Sambut FIFA U-20 World Cup 2021 Terminal Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

JAKARTA (aksi.id) – Gerak cepat alias gercep, PT Angkasa Pura II (Persero) sudah mulai mempersiapkan bandara kelolaannya untuk mendukung penuh penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021 di Indonesia. Salah satunya Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang yang akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar sepak bola dunia tersebut.

 

 

Sebelumnya pada Jumat (4/2/2020) PT Angkasa Pura II menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Pemprov Sumatera Selatan tentang Sinergi Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021 di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II. 

Penandatanganan MoU bertempat di Griya Agung Palembang, dilakukan Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. 

Muhammad Awaluddin mengatakan, MoU ini bertujuan agar kedua pihak dapat lebih intensif membahas potensi kerja sama demi kesuksesaan penyelenggaraan piala dunia. 

“Hal yang dibahas antara lain penyediaan fasilitas hospitality bagi berbagai pihak dan tentunya kontingen kesebelasan peserta FIFA U-21 di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Sebagai pintu gerbang utama suatu wilayah, bandara memegang peranan penting di berbagai event termasuk  yang berkelas dunia seperti piala dunia ini.

Karena itu, kami berkomitmen menjaga nama baik Indonesia dengan memberikan hospitality yang baik saat kedatangan tim-tim peserta," urainya, Sabtu (5/12/2020).

MoU ini juga mengacu pada Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021. Pihaknya akan mendirikan posko siaga dan sports corner di terminal bandara dalam menyambut pagelaran ini. 

“Palembang akan banyak didatangi wisatawan, penikmat sepak bola, dan tentunya kontingen FIFA U-20 World Cup, yang sebagian besar menginjakkan kaki terlebih dahulu di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Karena itu, kami akan memberikan penyambutan yang terbaik dan membangun atmosfer turnamen FIFA U-20 World Cup sejak di bandara,” beber Awaluddin. 

Koordinasi dan kolaborasi kata dia, pastinya juga dilakukan dengan Panitia Nasional Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021.   

Reputasi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sudah mendunia seiring dengan penerapan Transformation 1.0 dan Transformation 2.0 yang dijalankan PT Angkasa Pura II guna meningkatkan standar layanan dan operasional. 

Bandara ini pemenang Airport Service Quality Award 2019 yang digelar Airport Council International (ACI) untuk kategori Best Airport By Size & Region, Best Environment & Ambience, Best Customer Service dan Best Infrastructrue & Facility, untuk bandara kategori 2 – 5 juta penumpang. 

“Ini menandakan fasilitas dan pelayanan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II adalah salah satu yang terbaik di dunia untuk kategori bandara berkapasitas hingga 5 juta penumpang per tahun, dan kami akan menjaga standar ini termasuk dalam menyambut dan melepas peserta FIFA U-20 World Cup,” ujar Awaluddin.

Dari sisi operasional, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II juga sudah dilengkapi dengan infrastruktur sisi udara yang memadai.  Landas pacu (runway) di bandara ini memiliki dimensi 3.000 m x 45 m sehingga dapat digunakan untuk penerbangan pesawat berbadan lebar (wide body) seperti Airbus A330, Boeing 777, hingga Boeing 747. 

Di samping itu, bandara juga sudah memiliki stasiun light rail transit (LRT) yang langsung terhubungan dengan Palembang Jakabaring Sport City. 

“Keberadaan LRT ini merupakan nilai tambah karena dapat menghadirkan moda transportasi alternatif dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin ke Palembang Jakabaring Sport City yang merupakan venue dari FIFA U-20 World Cup, sehingga dapat mempermudah perjalanan penonton, official peserta, dan berbagai pihak lainnya,” pungkas Awaluddin. (omy)