press enter to search

Rabu, 17/04/2024 05:21 WIB

19 Kontainer Produk Unggulan Merauke Diangkut KM Logistik Nasional 2 Tiba Selamat di Surabaya

Dahlia | Minggu, 13/12/2020 21:30 WIB
19 Kontainer Produk Unggulan Merauke Diangkut KM Logistik Nasional 2 Tiba Selamat di Surabaya KM Logistik Nasional 2 tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya (Hubla)

SURABAYA (aksi.id) -  Kapal Motor (KM) Logistik Nusantara 2 yang merupakan trayek Tol Laut berhasil mengangkut sebanyak 19 kontainer produk unggulan Kabupaten Merauke, Papua dan tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur dengan selamat.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Capt. Antoni Arif Priyadi menyampaikan, ini angkutan terbaru ini meningkat dibanding sebelumnya sebanyak 16 kontainer.

"Kali ini sebanyak 14 kontainer berisi beras dan sisanya lima kontainer berupa produk unggulan lainnya," ujar Capt. Antoni, Ahad (13/12/2020).

Kegiatan bongkar muat disaksikan Kasubdit Angkutan Laut Khusus dan Jasa Ditjen Hubla, Capt. Bharto Ari Raharjo di Terminal Jamrud Selatan, Pelabuhan Tanjung Perak dihadiri juga Otoritas Pelabuhan, PT Pelni, dan PT Pelindo III.

Dia berharap, angkutan asal Merauke dapat terus meningkat dan memberikan ragam pilihan konsunsi masyarakat di wilayah Jawa. Khusus Merauke ini, menurutnya, terus mendorong agar bisa seperti daerah lain yang sudah berjalan dengan baik pendistribusian barang melalui Tol Laut seperti, Morotai Maluku Utar dan Sulawesi.

"Nantinya hasil bumi dari Papua selain Merauke akan dilakukan penguatan dengan mendorong muatan balik kapal Tol Laut ada supaya bisa menggerakkan roda perekonomian di wilayah Indonesia Timur sehingga tidak saja menjadi daerah konsumtif tapi juga bisa produktif untuk memasarkan hasil buminya,” urai Capt. Bharto.

Dari jumlah angkutan sekitar 499 ton ini dikirim dari Merauke melalui lima perusahan distributor lokal. Lima perusahan tersebut adalah PT Berkah Mutiara Laut, PT Irian Jaya Logistik, PT Jamarindo, PT Orat Logistik, dan PT Sarana Citra Mandiri Utama. (omy)