ASDP Digitalisasi Pengisian BBM ke Kapal
![ASDP Digitalisasi Pengisian BBM ke Kapal](https://aksi.id/images/posts/1/2021/2021-03-06/5a913903444a05cbd1765ef9160e3214_1.jpg)
CILEGON (aksi.id) - Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa, mengecek pemasangan digitalisasi atau IT Nozzle di 7 dermaga Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.
Pemasangan alat itu untuk memudahkan pengawasan dan pengisian bahan bakar minyak (BBM) ke seluruh kapal yang beroperasi di lintasan Merak-Bakauheni.
"Kami sangat mengapresiasi PT ASDP Merak untuk keseriusannya dalam melaksanakan program IT Nozzle. Dengan terpasangnya IT Nozzle di ASDP Merak ini, diharapkan program ini dapat diikuti dan memberikan contoh kepada semua perusahaan transportasi air, laut, untuk juga melaksanakan IT Nozzle," kata Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa, melalui rilisnya, Kamis (4/3/2021).
Sebagai perusahaan BUMN, PT ASDP Indonesia Ferry mengaku pemasangan IT Nozzle sebagai bentuk transparansi penggunaan BBM, sesuai peraturan BPH Migas nomor 06 tahun 2013, tentang Penggunaan Sistem Teknologi Informasi dalam Penyaluran Bahan Bakar Minyak.
"Data pengisian secara otomatis akan terekam setelah penyaluran BBM selesai, melalui aplikasi Integrated Bunkering System (IBS) dan berjalan secara real time," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, melalui rilis resminya, Kamis (4/3/2021).
Sebelumnya, digitalisasi IT nozzle untuk pengisian BBM hanya ada di Dermaga 1 dan Dermaga 3. Kini, sudah mejadi tujuh dermaga yang dipasangi IT nozzle.
Pemasangan di lima dermaga lainnya dilakukan secara bertahap, untuk bersama-sama mengawasi penggunaan BBM secara baik. Digitalisasi nozzle dilakukan sejak Januari hingga Februari 2021.
"Pada Desember 2020, 5 dermaga masih manual dalam pengisian BBM ke kapal. Dalam waktu 2 bulan kami rampungkan pemasangan di 5 dermaga, sehingga kini 7 dermaga di Merak telah menggunakan IT Nozzle semua," dia menandaskan.(amt/sumber:liputan 6.com)
Artikel Terkait :
Artikel Terbaru :
TERPOPULER
- KAI Commuter Hadirkan Berbagai Layanan untuk Keamanan dan Kenyamanan Bagi Wanita
- Ngopi Kamtibmas: Mempererat Kemitraan Antara Polisi dan Masyarakat di Pos Sat Kamling Wilkum Polres Metro Bekasi Kota
- Kongko Kamtibmas di Wilayah Kelurahan Cimuning Bentuk Sinergitas TNI-Polri dan Pokdar
- Lagi, KAI Commuter dan KAI Group Catat Prestasi Internasional, Raih 7 Medali di Ajang Contact Center World (CCW) 2024 Australia
- Gelar FGD dengan Para Ahli, Jasa Raharja Dorong Optimalisasi Peraturan Pemerintah No. 18 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan
- Kapolres Silaturahmi ke Kejari Bekasi, Jalin Kemitraan di Hari Bhakti Adhyaksa ke-64
- Bhabinkamtibmas Jatimurni Dampingi Penggrebegan Anak Tawuran di Kontrakan Wilayah Jatimurni
- KAI Wisata Angkut 431.600 Pelanggan Selama Semester 1 2024
- Sinergitas Tiga Pilar Giat Pembersihan Sampah yang Dikelola Ormas Tak Sesuai Prosedur Aturan Hukum
- Bhabinkamtibmas Polsek Bantargebang Sosialisasi Layanan HALO POLISI Call Center 110
![](https://aksi.id/banners/MD9.png)