press enter to search

Sabtu, 15/05/2021 06:48 WIB

Mulyadi Cahya Terpilih Sebagai Ketua Kadin Indramayu 2021 - 2026

Taryani | Kamis, 08/04/2021 10:43 WIB
Mulyadi Cahya Terpilih Sebagai Ketua Kadin Indramayu 2021 - 2026 Mulyadi Cahya saat dilantik menjadi Ketua Kadin Indramayu periode 2021 - 2026. (Taryani)

INDRAMAYU (Akai.id)  - Mulyadi Cahya terpilih sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Nasional (Kadin) Indramayu periode 2021 – 2026 melalui Musyawarah Kabupaten (Muscab) Kadin ke-7  yang dibuka Bupati Indramayu, Nina Agustina, Rabu (7/4/2021). 

Dalam sambutannya Bupati Indramayu, Nina Agustina  mengajak jajaran pengurus Kamar Dagang dan Industri Nasional (Kadin) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menyelamatkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tengah  pandemi Covid-19 saat ini.

 Hal itu disampaikan pada acara pembukaan Musyawarah Kabupaten (Muskab) Kadin ke-7 dengan tema “Peranan Kadin  dalam rangka optimalisasi koordinasi dan kolaborasi bagi pengembangan UMKM menuju Indramayu Bermartabat” di Hotel Wiwi Perkasa Indramayu, Rabu, (7/4/2021). 

Menurut bupati, dalam konteks tema tersebut, Kadin mempunyai korelasi dengan pengembangan UMKM yang membutuhkan inovasi dan daya dukung ekonomi kreatif. Tanpa upaya  meningkatkan kreativitas yang inovatif,  maka pertumbuhan UMKM akan terhambat dan kalah bersaing dengan UMKM dari daerah lain maupun dari luar negeri. 

Untuk itu, lanjut Nina, upaya pengembangan sektor UMKM sangat penting dan harus terintegrasi. Sebab dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang memberikan dampak cukup signifikan. Sehingga kondisi keuangan UMKM melemah sebagai akibat dari daya beli masyarakat yang menurun. 

Disebutkan,   UMKM di Kabupaten Indramayu jumlahnya sekitar 189.000, (Data Badan Pusat statistik tahun 2019) tentu merupakan suatu potensi yang harus dapat dioptimalkan. Guna menopang peningkatan PDB (Produk Domestik Bruto) Kabupaten Indramayu karena UMKM ini mampu menyerap tenaga kerja yang cukup besar. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Nina juga memberikan tantangan kepada Kadin Indramayu, salah satunya terkait bagaimana menciptakan iklim usaha yang kondusif dan akuntabel sehingga tercipta tata kelola usaha yang "good coorprate governance". 

Hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Indramayu Syaefuddin, Anggota DPR R.I,  Ono Surono, Ketua Umum Kadin Provinsi Jawa Barat, serta Forkopimda Indramayu. Hasil Muscab Kadin ke-7 menetapkan Mulyadi Cahya sebagai Ketua Kadin Indramayu. (Taryani)

Artikel Terkait :

-